Iklan

terkini

Pemkab Aceh Besar Gelar STQ

Redaksi
Kamis, April 27, 2023, 18:28 WIB Last Updated 2023-04-27T11:28:01Z
Aceh Besar -- Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP., MM dijadwalkan akan membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 di Komplek LPMP, Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur, Jumat (28/04/2023) malam.

Ketua panitia pelaksana yang juga Asisten I Sekdakab Aceh Besar, Farhan AP kepada wartawan menjelaskan, kegiatan STQ tersebut akan diikuti sebanyak 533 peserta dari 23 kecamatan se-Aceh Besar. 

STQ merupakan salah satu bentuk syiar Islam yang diadakan setiap dua tahun sekali. 

“Nantinya, mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke-36 tahun 2023 yang akan diadakan di Kabupaten Simeulue,” jelas Farhan didampingi Kadis Syariat Islam Aceh Besar Rusdi, S Sos., M.Si serta  Kepala Bidang Peribadatan dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Edy Muchlis, SE, Kamis (27/04/2023).

Edy Muchlis menambahkan, cabang dan golongan yang diperlombakan  pada STQ tersebut adalah 24 cabang dan golongan untuk kategori putra dan putri. Sedangkan total peserta seluruhnya berjumlah 533 orang (249 peserta putra dan 284 peserta putri) dari 23 kecamatan se-Aceh Besar.  

Sebelumnya, pada MTQ Tingkat Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar telah dua kali berturut-turut menjadi juara umum di MTQ tingkat Propinsi, yaitu pada MTQ Aceh ke-34 Tahun 2019 di Kabupaten Pidie dan MTQ Aceh ke-35 Tahun 2022 di Kabupaten Bener Meriah. 

“Sehingga STQ ini sangat penting artinya, antara lain untuk mempersiapkan qari dan qariah ke MTQ tingkat Provinsi Aceh. Semoga kafilah Aceh Besar dimudahkan Allah dalam berjuang di MTQ Aceh ke-36 Tahun 2023 di Kabupaten Simeulue, dan kembali menjadi yang terbaik sebagai Juara Umum dengan doa para guru dan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Farhan juga mengajak  masyarakat Aceh Besar agar menghadiri dan  menyukseskan kegiatan STQ yang akan digelar hingga 2 Mei 2023 mendatang. Begitu juga kepada utusan 23 kecamatan, diharapkan bisa tampil maksimal sehingga dewan juri nantinya dapat menyeleksi qari dan qariah terbaik. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Aceh Besar Gelar STQ

Terkini

Topik Populer

Iklan