Iklan

terkini

Mahasiswa Umuslim Peserta Program MSIB Juarai Kompetisi S'ROOM

Redaksi
Senin, Januari 30, 2023, 16:07 WIB Last Updated 2023-01-30T09:07:23Z
Program MSIB Juarai Kompetisi S'ROOM (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Muhammad Khairul Umam mahasiswa tingkat akhir Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen merupakan salah seorang mahasiswa peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang masuk dalam team pemenang kompetisi Capstone Project perancangan pembuatan Aplikasi Sport Room (S'ROOM)  aplikasi kesehatan.

Kegiatan diselenggarakan  oleh Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada mitra PT Forest Indo Niaga pada jenis kegiatan seKODlah.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah merupakan salah satu program andalan dari Kampus Merdeka, program Studi Independen diikuti oleh mahasiswa selama satu semester untuk belajar kursus singkat di Perusahaan Mitra Kampus Merdeka dengan tugas akhirnya membuat suatu proyek. 

PT Forest Indo Niaga merupakan salah satu mitra program MBKM memiliki kantor secara fisik di Jakarta Pusat, sedangkan yang menjadi salah satu perusahaan Mitra pada program MBKM merupakan cabang di Indonesia dari Perusahan Forest Interactive  berkantor pusat di Negara Malaysia. 

 Forest Interactive bersama Forest Interactive Foundation meluncurkan program seKODlah – Developing Future Innovators, program pembelajaran intensif selama lima bulan mengenai kompetensi dasar teknologi. 
Melalui seKODlah, Forest Interactive berkontribusi untuk memberikan ilmu dasar-dasar teknologi kepada mahasiswa dalam mempersiapan keahlian dan membangun portfolio untuk bekarier di industri digital dan teknologi. 

Program seKODlah Forest Interactive diikuti  33 mahasiswa dari berbagai universitas dari seluruh  Indonesia dan merupakan salah satu  bagian dari program Studi Independen Kampus Merdeka.

Dewan juri  secara Internasional berasal dari perusahaan pusat di Negeri Jiran Malaysia, bertugas menilai kualitas dan keakuratan hasil karya peserta secara detail dalam perencanaan pada capstone project tersebut. Pengumuman pemenang  diumumkan pada hari Wisuda dan perpisahan program tersebut, jelas Khairul Umam.
Menurut  Muhammad Khairul Umam, kegiatan tidak hanya kegiatan pembelajaran, tetapi peserta juga harus mengikuti berbagai kelas khusus seperti, seminar nasional maupun internasional.

Sedangkan materi  pembelajaran terkait langsung dengan dunia industri dan ilmu teknologi, Alhamdulillah team kami menjadi pemenang dalam capstone project yang diselenggarakan oleh pihak mitra.

"Saya berperan sebagai peserta atau siswa, setiap siswa  mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan sesuai jadwal yang telah ditentukan 22 Agustus - 12 Januari 2023 kegiatan dilaksanakan secara online melalui Zoom," jelas Muhammad Khairul Umam Senin, (30/01/2023).

Kemudian CEO Forest Interactive, Johary Mustapha pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang komitmen perusahaan untuk turut melahirkan talenta baru di bidang teknologi dan digital, karena menurutnya saat ini, masih ada tantangan nyata untuk mampu mencetak lebih banyak sumber daya manusia yang menguasai  teknologi sesuai  permintaan pasar. 

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atas kesempatan yang diberikan untuk terus mendorong kemajuan sumber daya manusia melalui program seKODlah bersama Kampus Merdeka.” ucap Johary.

Menurutnya program seKODlah terdiri dari workshop series seperti Project Management, Software Developer, Web Developer, Cybersecurity, selain itu juga capstone project, career coaching, dan industry introduction yang dijadwalkan untuk dijalani  para mahasiswa.

“SeKODlah juga menawarkan hadiah menarik kepada dua orang mahasiswa terbaik yaitu kesempatan untuk pergi ke Malaysia dan berkunjung ke Headquarter Forest Interactive.Dan selamat kepada S’ROOM team menjadi pemenang pertama pada capstone project.” jelas  CEO Forest Interactive.

Koordinator MBKM Umuslim Misnawati, M.Pd menjelaskan bahwa program MSIB  diluncurkan oleh kampus merdeka untuk menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan mengetahui tantangan dunia kerja dimasa yang akan datang dan menciptakan tenaga kerja yang professional.  

“Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah sebuah program yang menggabungkan dua bentuk kegiatan pembelajaran yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen bersertifikat. 
Magang Bersertifikat dipercepat dan diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik. Sedangkan Studi Independen bersertifikat adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan yang nyata yang dihadapi oleh PT Mitra/PT Industri.”jelas  Misnawati. 

"Program MSIB dapat memberikan benefit yang sangat bagus baik untuk mahasiswa maupun  untuk program studi dan universitas," jelas Misnawati.

Manfaat untuk mahasiswa mereka dapat meningkatkan hard skill dan soft skill serta kesiapan  untuk terjun kedunia kerja dan dunia usaha, selain itu juga mendapat pengakuan atau konversi SKS sebanyak 20 SKS.

"Sedangkan  bagi prodi dan universitas tentunya menjadi poin yang sangat bagus dalam meningkatkan nilai akreditasi," jelasnya.

Berikut nama team S’ROOM :
1. Muhammad Khairul Umam_ Universitas Almuslim
2. Nanda Farah Muftia_Universitas Negeri Semarang 
3. Mifthahul Jannah_Universitas Negeri Padang
4. Yanuar Satari Putri_Universitas Muhammaidayah Suarakarta
5. Wandya Siti Sholiha_Universitas Airlangga. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Umuslim Peserta Program MSIB Juarai Kompetisi S'ROOM

Terkini

Topik Populer

Iklan