Iklan

terkini

KKM Umuslim Angkatan XXII Tahun 2023 di Pijay

Redaksi
Senin, Januari 16, 2023, 16:11 WIB Last Updated 2023-01-16T09:11:32Z
Pembekalan KKM di Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan Universitas Almuslim (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim (Umuslim) angkatan XXII akan dilaksanakan di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay).

Demikian dilaporkan ketua  panitia pelaksana KKM angkatan XXII Drs.Syarkawi, M.Ed saat menyampaikan laporan saat acara pembukaan pembekalan Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan Umjslim, Senin (16/01/2023).

Menurut laporan Ketua Bidang Divisi Pengabdian sekaligus ketua  panitia pelaksana KKM angkatan XXII Syarkawi, jumlah mahasiswa yang mendaftar peserta KKM Angkatan XXII Tahun Akademik 2022/2023 yang memenuhi persyaratan akademis dan administratif sebagai peserta  sejumlah 314 orang (78 laki-laki dan 236 perempuan).

Mereka berasal dari Fakultas Pertanian 58 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 171 orang,  Fakuktas Teknik 14 orang, Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 31 orang, Fakuktas Ilmu Komputer (FIKOM) 15  orang dan Fakultas Ekonomi (FE) 25 orang.

"Pembekalan dilaksanakan selama 3 hari (tanggal 16 sd. 18 Januari 2023), mereka akan menerima materi umum dan khusus dari para pakar, ujar Syarkawi.

Tambah Syarkawi, mereka akan ditempatkan  di Kabupaten Pidie Jaya, di empat kecamatan yaitu Kecamatan Pante Raja (10 Desa), Trienggadeng (27 Desa), Ulim (30 Desa) dan Bandar Dua  (10 Desa).

"Setiap gampong kita tempatkan antara 4-5 orang peserta dari berbagai program studi," rinci Syarkawi.

Sementara seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan bertugas mensupervisi 5 -6 gampong.

Syarkawi mengatakan, jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) seluruhnya 15 orang, mereka adalah dosen tetap Umuslim. Sedangkan Koordinator Kecamatan ditetapkan satu orang bagi setiap Kecamatan.

"Tim monitoring dan evaluasi  terdiri  BPM dan unsur pimpinan yang akan melaksanakan monitoring dan evaluasi pada minggu terakhir dari program KKM ini," terang Syarkawi.

Para peserta akan melaksanakan kkm selama 30 hari terhitung mulai tanggal  24 Januari sampai 21 Februari 2023 . 

Acara dibuka Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd, dalam arahannya  menyampaikan bahwa untuk bekal melaksanakan KKM, peserta minimal harus mempunyai 4C.

Adapun kompetensi 4C yang disampaikan Rektor adalah C yang pertama  Communication atau komunikasi, selama di gampong penempatan, mahasiswa harus menunjukkan komunikasi yang santun dan penuh tata krama.

Yang kedua Collaboration atau kerjasama, hal ini sangat penting, apalagi mahasiswa nantinya akan ditempatkan  berkelompok di masing-masing gampong dan berkelompok kecamatan, bahkan berkelompok kabupaten.

"Tanpa adanya kerjasama, maka akan sulit untuk sukses dalam melaksanakan pengabdian ini. Kompetensi yang ketiga Critical  Creativity and inovation atau kreativitas dan inovasi," jelas Marwan.

"Mahasiswa harus mempunyai kemampuan berinovasi atau perubahan-perubahan. Lakukan perubahan dan inovasi di masyarakat dengan program bermanfaat bagi masyarakat. Hal-hal inilah sebenarnya yang diharapkan masyarakat dalam meningkatkan perekenomian mereka di gampong," harap Marwan.

Lanjut Marwan, keempat critical thinking atau bepikir kritis. Kita harus memberikan solusi dan  masukan kritis ysng membina demi perbaikan dan penyempurnaan berbagai hal yang bermanfaat.

Turut menyampaiakan sambutan saat pembukaan pembekalan Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan Rusidy Mukhtar, S.Sos  mengharapkan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik alamamater selama di lokasi. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KKM Umuslim Angkatan XXII Tahun 2023 di Pijay

Terkini

Topik Populer

Iklan