Iklan

terkini

Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA: Hati Kunci Bahagia

Redaksi
Jumat, Desember 16, 2022, 17:47 WIB Last Updated 2022-12-16T10:47:47Z
Dr  Tgk. Sirajuddin Saman, MA (Foto/Sayed M. Husen)

Aceh Besar -- Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar, Gampong Deunong, Darul Imarah, Aceh Besar, Dr. Tgk  Sirajuddin Saman, MA mengatakan, hati merupakan salah satu anugerah terindah yang tidak ternilai harganya bagi manusia. Dengan hati manusia dapat merasakan bahagia, suka, duka, derita, kecewa, bangga,  serta rasa aman. 

Hal itu disampaikan Sirajuddin dalam khutbah Jumat di Masjid Agung Al Munawwarah, Kecamatan Kota Jantho, Jumat, (16/12/202).

“Dengan hati pula manusia dapat menerka perasaan orang lain, membuat kehidupan ini penuh kedamaian dan kasih sayang. Hati merupakan salah satu keajaiban Sang Pencipta yang dianugerahkan kepada manusia, yang senantiasa menuntun mereka pada jalan kebaikan dan jalan kebenaran,” ujarnya. 

Sirajuddin menambahkan, hati menjadi salah satu penentu baik buruk, bahagia atau tidaknya seorang manusia. Dalam hail ini, Rasulullah saw memberi gambaran tentang hati dalam sebuah sabda beliau riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

“Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik, maka baik pulalah seluruh jasad, dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh jasad, ketahuilah bahwa ia adalah hati,” ujarnya.

Sirajuddin menguraikan lima hal untuk menjaga agar hati agar selalu hidup, pertama, senantiasa membaca Al-Qur’an dan maknanya. Al-Quran yang merupakan petunjuk dari Allah untuk manusia hendaklah selalu dibaca dan bahkan dipahami agar Allah senantiasa selalu sayang dan mencurahkan rahmat kepadanya. Apabila hamba jauh dari Al-Quran, maka bagaimana mungkin Allah akan mencintainya.

Kedua, shalat malam. Sepertiga malam merupakan salah satu sarana yang sangat baik bagi para hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Allah senantiasa menerima penghambaan dan permohonan dari para hamba-Nya pada saat malam sudah larut dan manusia sudah terlelap dalam tidur mereka. Pada saat itu, juga merupakan waktu yang sangat bagus untuk mengkoneksikan hati dengan Sang Pencipta.

Sirajuddin menambahkan yang ketiga, berteman dan berkumpul dengan orang shaleh. Orang shaleh merupakan hamba yang senantiasa dalam rahmat dan kasih sayang Allah. Bersahabat dengan mereka ibarat berteman dan berkumpul dengan penjual minyak wangi yang dengan sendirinya akan tertular bau wangi dari mereka. 

“Begitulah ibaratnya ketika hamba bergaul dengan para hamba Allah yang shaleh, senantiasa kebaikan yang terdapat pada mereka akan tertular secara perlahan ke dalam hati orang orang yang bergaul dengan mereka,” katanya.

Keempat, banyak berpuasa. Puasa merupakan ibadah para Nabi serta orang shaleh sebelum kita. Misalnya Nabi Daud a.s yang senantiasa berpuasa satu hari dan berbuka pada hari berikutnya dan begitulah seterusnya. Bagi para hamba Allah yang sering melaksanakan puasa sunat senantiasa akan disayang Allah, salah satu penyebanya adalah karena mereka meneladani para Nabi sebelum mereka dengan mengikuti ibadah mereka. 

“Sementara yang terakhir, kelima, untuk menjaga agar hati agar selalu hidup dengan memperbanyak zikir malam. Zikir merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan Allah. Bahkan dalam surah Ar-Ra’ad ayat 28 Allah berfirman,  Ketahuilah bahwa dengan berzikir akan menenteramkan hati,” tambahnya lagi.  

Ayat di atas, menurut Sirajuddin,  seolah menyebut bahwa kalau manusia ingin senang, bahagia, maka perbanyaklah zikir. Zikir juga merupakan ibadah yang senantiasa menghiasi kehidupan Rasulullah saw. Beliau tiada henti dalam berzikir kecuali pada saat beliau memasuki kamar mandi, maka siang dan malam Rasullullah saw senantiasa berhubungan dengan Allah Swt.

“Semoga kita semua menjadi para hamba yang senantiasa menjaga semua amanah yang telah diperintahkan kepada kita, serta dapat selalu menjaga hati dengan baik, sehingga kita selalu dalam ridha dan kasih sayang-Nya, sebab hati adalah kunci bahagia,” pungkasnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA: Hati Kunci Bahagia

Terkini

Topik Populer

Iklan