Iklan

terkini

Tuha Peut Gampong Cot Buket Peusangan, Camat: Jaga Amanah dan Jangan Langgar Sumpah

Redaksi
Selasa, November 29, 2022, 17:05 WIB Last Updated 2022-11-29T10:05:00Z
Camat Peusangan Ibrahim, S.Sos melantik Tuha Peut Gampong Cot Buket Periode 2022-2028 (Foto/Imran Sy)

Bireuen - Camat Peusangan  Ibrahim, S.Sos melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Lembaga Tuha Peut Gampong Cot Buket Kecamatan Peusangan, periode 2022-2028.

Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tujuh orang Lembaga Tuha Peut itu berlangsung di Meunasah Gampong setempat, Selasa Sore (29/11/2022).

Dalam arahannya, Ibrahim menyampaikan, Tuha Peut yang telah dilantik agar menjaga amanah yang telah dipercayakan oleh warga dan sumpah yang diucapkan jangan dilanggar.

"Bekerja lah dengan ikhlas sesuai tupoksi masing-masing, sebagai legislatif gampong untuk berkoordinasi dan pengawasan kerja pemerintahan gampong, agar hasil dari apa yang kita kerjakan membuahkan hasil yang baik," pesan camat.

Selanjutnya Camat Peusangan mengatakan, bahwa Tuha Peut tidak bisa memerintah keuchik, juga sebaliknya, karena keuchik adalah mitra kerja dalam menyelenggarakan pemerintahan gampong baik dalam pembahasan dan pengesahan APBG serta penyusunan qanun/reusam gampong dan penyelesain sengketa dalam masyarakat.
 
"Bila ada kekeliruan dan kesalahan dari Keuchik saat  menjalankan roda pemerintahan gampong harap ditegur dengan baik dan bila ada yang perlu dimusyawarahkan, laksanakan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, Jafar Abed yang juga sebagai Sekdes menyampaikan bahwa Tuha Peut Gampong dilantik oleh camat dan dihadiri oleh muspika kecamatan, dengan demikian Tuha Peut Gampong sudah sah dalam menjalankan Tupoksinya di gampong. 

"Dengan adanya Tuha Peut baru dapat menambahkan kekuatan baru dalam menjadikan Gampong Cot Buket sebagai gampong percontohan, oleh karena itu sinergifitas dan integritas sangat kami harapkan agar kita bisa bergerak bersama menuju gampong yang hebat," ujar Jafar Abed.

Perlu diketahui, pemilihan Tuha Peut Cot Buket dilaksanakan pada 13 September 2022 lalu, dengan anggaran bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022, dengan 11 orang calon yang terdiri dari unsur pemuka agama, cendikiawan, tokoh adat, pemuda dan perempuan.

Adapun Tuha Peut yang terpilih, T. Ahmad Maulana sebagai Ketua, Sekretaris Muhibuddin, A. Md, Keurani Azhar, Anggota, Fitriani, S. Kep, Kamaruzzaman Darmansyah dan Fauziah, S. Pd.

Kegiatan ini dihadiri Keuchik Gampong Cot Buket T. Iskandar, Muspika, Sekdes, Imum Mesjid, Pendamping Lokal Desa, tokoh masyarakat, unsur lembaga, dan undangan lainnya. [Imran Sy]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tuha Peut Gampong Cot Buket Peusangan, Camat: Jaga Amanah dan Jangan Langgar Sumpah

Terkini

Topik Populer

Iklan