Iklan

terkini

Implementasi MBKM Fikom Umuslim Datangkan Dosen Praktisi

Redaksi
Sabtu, November 05, 2022, 12:02 WIB Last Updated 2022-11-05T05:02:08Z

Dosen praktisi sedang mengajar di  Fikom Umuslim dalam rangka implementasi MBKM (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Dalam rangka implementasi pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Almuslim (Umuslim) mendatangkan sejumlah dosen  praktisi dan pakar.

Salah satu dosen praktisi yang hadir Fajar Saptono Head of Engineering Perusahaan PT. Antikode Desain Eksperiensia dengan materi Data Mining, yang dilaksanakan di ruang seminar kampus Ampon Chiek Peusangan, selama dua hari 4-5 Nopember 2022).

Kehadiran dosen praktisi Fajar Saptono di kampus Umuslim Peusangan Bireuen, merupakan implementasi pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM), salah satu program hibah yang dilaksanakan Direktorat Kelembagaan Kemendikbudristek Dikti untuk mempercepat implementasi program MBKM.

Menurut Dekan Fikom Umuslim Riyadhul Fajri, S.ST,M.Kom pada media ini Sabtu, (05/11/2022) kuliah praktisi ini merupakan salah satu tuntutan program MBKM, yang bertujuan mempersiapkan lulusan sesuai tuntutan dunia industri dan kebutuhan masyarakat.

"Selain mendatangkan dosen praktisi, Fikom  juga mengirim sejumlah mahasiswa magang di sejumlah kampus di pulau Jawa dan sejumlah perusahaan baik di Aceh maupun luar Aceh," jelas Riyadhul.

"Kuliah tamu dosen praktisi Fajar Saptono Head of Engineering Perusahaan PT. Antikode Desain Eksperiensia  yang beralamat Tangerang Selatan Banten diikuti sebanyak 42 peserta membahas pentingnya Data Mining di era serba digital saat ini," tambahnya.

Menurut manajer project IT sejumlah perusahaan multi nasional ini, di era digital data mining yang sering disebut juga Knowledge Discovery in Database merupakan tuntutan dan kebutuhan.

"Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI)," urai Head of Information Technology at EGOGO ini.

"Apalagi  dalam E-Commerce, penerapan Data Mining dalam Management Customer (CRM) sangat diperlukan untuk membantu pengembangan brand bisnis yang sangat ngetren dewasa ini," jelas Fajar Saptono.

Sekedar informasi, sebelumnya pada pada 4-5 Oktober 2022 lalu juga pernah dihadirkan dosen praktisi  Munazar, S.Kom Komisaris PT. Mitasen Inti Solusi dengan materi pengembangan software. [Zulkifli]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Implementasi MBKM Fikom Umuslim Datangkan Dosen Praktisi

Terkini

Topik Populer

Iklan