Iklan

terkini

Upaya Lestarikan Permainan Tradisional, Abu Joi Buat Lomba Layangan untuk Anak-anak

Redaksi
Jumat, Oktober 14, 2022, 18:13 WIB Last Updated 2022-10-14T11:49:00Z

Suasana Lomba Geulayang Tunang Piala ABJ Cup (Foto/ Hamdani)

Bireuen - Dalam rangka melestarikan permainan tradisional di kalangan anak-anak di Aceh Jailani Abdullah (55) alias Abu Joi menggelar lomba layangan atau Geulayang Tunang dalam rangka memperebutkan Piala ABJ Cup dan uang tunai. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh ini, yang akan dilaksanakan 14-18 Oktober 2022 mendatang.

"Lomba yang menggunakan sistem gugur ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan permainan tradisional dalam masyarakat Aceh. Sengaja saya peruntukkan untuk anak-anak supaya generasi penerus ini mengenal permainan tradisional di Aceh," kata Abu Joy pada juangnews.com Jumat, (14/10/2022) di lokasi Geulayang Tunang.

Ketua panitia Lomba Geulayang Tunang Piala ABC Cup Jailani Abdullah (Foto/Hamdani)

Abu Joi menambahkan, ada 56 peserta anak-anak tingkat SD dan SMP yang mengikuti kegiatan yang tanpa dikutip biaya ini.

"Ada 56 anak usia SD dan SMP yang ikut kegiatan Geulayang Tunang ini. Tanpa saya kutip biaya untuk ikut kegiatan ini," ujar Abu Joi yang sekaligu ketua panitia kegiatan ini.

Menurut Abu Joi, kegiatan ini penting dan bernilai positif buat anak-anak, selain memperkenalkan permainan tradisional Aceh, juga dalam rangka memberi nilai edukasi tentang kekompakan dan solidaritas di kalangan generasi muda.

"Anak-anak tingkat SD dan SMP, penting mengikuti kegiatan semacam  ini, selain dalam rangka memelihara permainan tradisional Aceh juga mempunyai nilai-nilai positif untuk melatih kekompakan dan solidaritas di kalangan mereka," pungkas Abu Joi. 

Pantauan media ini di lokasi lomba, kegiatan itu diikuti sangat antusias oleh sejumlah anak-anak. Mereka terlihat gembira.

Informasi yang diterima media ini dari beberapa warga setempat, usai kegiatan Lomba Geulayang Tunang untuk anak-anak, juga akan digelar lomba serupa untuk orang dewasa.[Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Upaya Lestarikan Permainan Tradisional, Abu Joi Buat Lomba Layangan untuk Anak-anak

Terkini

Topik Populer

Iklan