Iklan

terkini

BEM dan Dosen Kebidanan Umuslim Lakukan Pembinaan Pencegahan Stunting di Desa Cot Rabo Baroh, Bireuen

Redaksi
Rabu, Agustus 31, 2022, 17:51 WIB Last Updated 2022-08-31T10:51:04Z
BEM dan dosen Kebidanan Umuslim yang melakukan pembinaan pencegahan stunting di Desa Cot Rabo Baroh (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dosen Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen  melakukan pembinaan  pencegahan dan penanganan stunting di Desa Cot Rabo Baroh kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. 

Menurut PIC percepatan penurunan stunting  Perguruan Tinggi Kabupaten Bireuen Siti Rahmah, SST., M.Kes yang juga menjabat Direktur I Program Diploma III Kebidanan Umuslim pada juangnews.com Rabu, (31/08/2022) pelaksanaan program pembinaan ini merupakan salah satu agenda dari Badan BEM dan dosen Program Diploma III Kebidanan Umuslim melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

"Lokasi kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Desa Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan, karena desa tersebut merupakan desa binaan Program Diploma III Kebidanan Umuslim yang dibina  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dosen P2MD," kata Siti Rahmah.

Selanjutnya menurut dosen pembimbing Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb mengatakan, sebelum pelaksanaan program terlebih dahulu dilakukan penandatangan kerjasama antara program Diploma III Kebidanan Umuslim dengan Desa Cot Rabo Baroh pada 27 Juni 2022 lalu. 

"Kemudian sebelum terjun ke lapangan terlebih dahulu tim mahasiswa mengikuti pembekalan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi pada 25 Juni 2022 lalu," jelasnya.

"Kemudian dilakukan penandatangan kerjasama untuk kegiatan tersebut dan pelaksanaan program P2MD dilaksanakan sampai bulan November 2022," lanjutnya.

Tambahnya, penandatanganan kerjasama  ditandatangani Direktur Program Diploma III Kebidanan Umuslim Dewi Maritalia, SST., M.Kes dan Kepala Desa Cot Rabo Baroh Rishadi.

Kepala desa Cot Rabo Baroh Rishadi pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Program Diploma III Kebidanan Umuslim, karena sudah memilih Desa Cot Rabo Baroh sebagai lokasi pelaksanaan program pembinaan dalam pencegahan dan penanganan stunting. 

Direktur Program Diploma III Kebidanan Umuslim Dewi Maritalia, juga mengucapkan terimakasih atas sambutan dari masyarakat desa Cot Rabo Baroh untuk bekerjasama dalam mensukseskan program P2MD oleh mahasiswa Diploma III Kebidanan Umuslim.

"Harapannya semoga program ini berjalan dengan baik dan ke depannya tidak ada lagi balita stunting di Desa Cot Rabo Baroh," katanya.

"Program pembinaann pencegahan stunting sebaiknya memang harus terus dilakukan, Untuk itu program ini terus digaungkan agar balita di Desa Cot Rabo Baroh bisa tumbuh dan berkembang secara baik, karena permasalahan stunting juga disebabkan oleh pola asuh yang tidak tepat," lanjut Dewi Maritalia.

Menurutnya kedepan BEM Kebidanan Umuslim juga akan melakukan  penyuluhan kepada ibu balita, kader tentang proses  memproduksi biskuit daun kelor sebagai makanan selingan untuk diberikan kepada balita sebagai  perbaikan gizi pada balita stunting.

"Selain produksi biskuit daun kelor BEM Kebidanan juga akan memberikan pelatihan tentang pembuatan teh dari kelor serta pembuatan mie sehat dari kelor," pungkasnya. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BEM dan Dosen Kebidanan Umuslim Lakukan Pembinaan Pencegahan Stunting di Desa Cot Rabo Baroh, Bireuen

Terkini

Topik Populer

Iklan