Iklan

terkini

Kembali Dua Mahasiswa PNL Lolos Program Internasional. Kali Ini ke Korea Selatan

Redaksi
Selasa, Juni 14, 2022, 14:40 WIB Last Updated 2022-06-14T07:40:09Z
Kedua mahasiswi Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe yang lolos ke Korea Selatan diapit oleh Ketua Jurusan Tata Niaga Zulkarnaini, SE.M.Si.Ak.CA (kiri) dan Wadir 1 Ir. Zamzami, ST.,M.Eng (Foto/Hamdani)

Lhokseumawe - Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) semakin menunjukkan kiprahnya, bahkan kini mulai merambah internasional. Setidaknya dalam bulan ini sudah lima orang mahasiswa PNL lolos ke berbagai negara di Eropa dan USA. 

Kali ini kabar baik kembali berembus dari kampus vokasi yang terletak di Buketrata Lhokseumawe itu, yakni dua orang mahasiswa dari Jurusan Tata Niaga (Tania) PNL lolos ke Korea Selatan melalui program pertukaran pemuda internasional, yaitu International Youth Leader (IYL), yakni Syifa Rizki Hutagaol, mahasiswi semester IV Prodi Sarjana Terapan Manajemen Keuangan Sektor Publik (MKSP) dan Dina Rosdiana mahasiswi semester VIII Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS)

Kabar baik ini disampaikan Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc melalui  Wakil Direktur (Wadir) I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Zamzami, ST.,M.Eng pada media Selasa, (14/06/2022).

"Alhamdulillah, ada mahasiswa kami yang kembali lolos dalam program internasional IYL. Pimpinan PNL sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini, karena  kegiatan semacam ini mendukung pembentukan karakter mereka, meningkatkan softskill, pergaulan internasional, dan membangun jejaring internasional," kata Zamzami.

"Adapun bentuk dukungan lembaga untuk kegiatan ini adalah, PNL memberikan pendanaan kepada kedua mahasiswi ini untuk mengikuti kegiatan di Korea Selatan," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Zamzami mengingatkan kedua mahasiswa dalam mengikuti kegiatan di Korea Selatan itu tetap menjaga nama baik almamater.

"Selama mengikuti kegiatan ini harus menjaga nama baik almamater, kemudian harapan saya, ilmu yang diperoleh di sana bisa ditularkan kepada kawan-kawannya nanti. Sehingga kawan-kawannya bisa termotivasi," ingat Zamzami.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Jurusan Tania, Zulkarnaini, SE.,M.Si.Ak.CA pada media ini. Menurut pria yang sering disapa Joel Seleb ini, lolosnya mahasiswa tersebut sebagai bentuk komitmen Jurusan Tania khususnya dalam memberikan kebebasan merdeka belajar, sehingga mereka dapat berkembang sesuai dengan passion mereka. 

"Jurusan Tania menginginkan mahasiswa harus siap bersaing tingkat internasional, itu yang menjadi titik perhatian jurusan, artinya jurusan berfikir tidak biasa namun semangat dan tujuan yang dibangun sudah menuju global. Terutama pengembangan softskill bagi mahsiswa yang menjadi fokus utama jurusan," ungkap Zulkarnaini.

"Jurusan memberikan dukungan 100 persen buat mereka.  Termsuk persiapan mahasiswa dan pembekalan softskill yang sudah tersistem dilakukan, dan Alhamdulillah hasilnya terbukti dapat meningkatkan kredibilitas Jurusan Tania secara komprehensif," lanjutnya.
Syifa Rizki Hutagaol (Foto/Hamdani)

Salah seorang mahasiswi yang lolos IYL ke Korea Selatan Syifa Rizki Hutagaol yang ditemui media ini menyeburkan, iya termotivasi ikut kegiatan itu karena untuk lebih menggali jiwa kepemimpinan.

"Dari kegiatan IYL chaper Korea Selatan ini saya ingin lebih menggali jiwa kepemimpinan, kemandirian, berpikir kritis, berinovasi dan menambah relasi sebanyak mungkin  dengan bertemu dan berdiskusi langsung dengan seluruh pemuda dan pemudi terpilih diseluruh Indonesia dalam kegiatan ini," ungkap mahasiswi Jurusan Tania yang berasal dari Sibolga, Sumatera Utara ini.
Dina Rosdiana (Foto/Hamdani)

Sementara Dina Rosdiana, mengatakan motivasi dirinya ikut kegiatan itu adalah untuk memperluas relasi dan wawasan internasional.

"Saya ingin bertemu dan berdiskusi langsung dengan seluruh yang terpilih dalam kegiatan ini. Karena menurut saya, semakin jauh kita melangkah maka akan semakin banyak yang kita lihat," kata Dina yang juga aktif di organisasi kampus, yaitu UKM Fordima LDK dan pada tahun 2020 lalu terpilih sebagai 1st Runner Up Mahasiswa Berprestasi PNL.

Sekedar informasi, IYL adalah sebuah platform pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda pemudi Indonesia.
IYL bergerak di bidang Student Exchange, Leadership Camp, Halal Tour and Travel. IYL menyediakan program yang bertujuan untuk memfasilitasi pembentukan karakter yang kuat terhadap Pemuda Indonesia melalui berbagai kegiatan.

IYL selalu mengadakan program-program seperti pertukaran pemuda nasional hingga internasional. IYL sering mengadakan program ke berbagai negara, diantaranya Turki, Dubai, Mesir, USA, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, India, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Tahun 2022 ini, IYL mengadakan kegiatan kepemudaan internasional, salah satunya ke Korea Selatan. Kegiatan yang akan dilaksanakan disana meliputi Leadership Class, Forum Group Discussion, University Visit, International Relation, Sosial Project, Reseacrh Market, Cross Culture Experience, Halal Tour, etc. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kembali Dua Mahasiswa PNL Lolos Program Internasional. Kali Ini ke Korea Selatan

Terkini

Iklan