Iklan

terkini

SMK Negeri 1 Bener Meriah Melakukan Penjajakan Kerjasama Industri di Sumatera Utara

Redaksi
Kamis, Desember 23, 2021, 16:48 WIB Last Updated 2021-12-23T09:48:33Z
Kegiatan Penjajakan Industri di PT Roda Mas Auto Prima (Foto/Widodo)

Medan - SMK Negeri 1 Bener Meriah melakukan penjajakan kerjasama kunjungan atau penjajakan industri tersebut dilakukan di PT Roda Mas Auto Prima, Sumatera Utara dalam rangka implementasi program link and match dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) pada peningkatan daya serap pemasaran lulusan SMK Negeri 1 Bener Meriah. Informasi ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bener Meriah Drs. Samsuddin pada juangnews.com Kamis, (23/12/2021).

"Hari ini saya tugaskan Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Rahayu Sehat Widodo, S.Pd, M.Pd dan Kepala Bengkel  Otomotif Johari, S.Pd untuk melakukan penjajakan/kunjungan industri terkemuka di Sumatera Utara dalam bidang industri otomotif yang akan menunjang program keahlian teknik otomotif di SMK Negeri 1 Bener Meriah sebagai pendidikan vokasi," kata Samsuddin.

"SMK tidak mungkin bisa menjadi Sekolah vokasi unggulan jika tidak bekerjasama dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Sekolah yang mengabaikan keterlibatan IDUKA, hanya akan menjadi SMK yang bersifat akademis, tidak memiliki kompetensi untuk membekali lulusan agar terampil dan berdaya guna di dunia kerja ," lanjutnya.  

Tambah  Samsuddin, sebagaimana tujuan utama didirikannya SMK adalah menghasilkan tenaga-tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten di IDUKA. dan untuk mencapai tujuan ini, sekolah vokasi mau tidak mau harus melibatkan IDUKA dalam pengembangan dan penyelarasan kurikulum, juga dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Sementara itu, menurut Waka Humas SMK Negeri 1 Bener Meriah, Rahayu Sehat Widodo, S.Pd, M.Pd, mengingat minimnya industri di Provinsi Aceh, maka pihak sekolah mengambil kebijakan untuk implementasi program link and match dengan Industri dengan melaksanakan kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara sebagai penjajakan peluang kerja sama. 

“Sekolah salah satunya sebagai penyedia tenaga kerja, harapannya bisa membantu industri. Membantu dengan cara menyediakan tenaga kerja yang siap pakai,” kata Widodo.

"Terlebih kunjungan industri yang kami lakukan di PT Roda Mas Auto Prima sesuai dengan program keahlian favorit yang diminati di SMK Negeri 1 Bener Meriah. Sehingga, selain agar industri bisa lebih kenal, industri menjadi lebih tahu mengenai kualitas sekolah," sambungnya.

Menurut Widodo, Ini merupakan langkah nyata pihaknya untuk link and match dengan industri. Program link and match dengan industri akan tertuang dalam bentuk kerjasama (MoU) dalam hal singkronisasi kurikulum, industri yang mengunjungi sekolah menjadi guru tamu, peserta didik yang workshop ke dunia industri (PKL), mengirimkan guru magang di industri,penyerapan lulusan dan lainnya. Peluang kerja sama bisa lebih luas.

Sementara itu Irpan Sabri Panjaitan Direktur PT Roda Mas Auto Prima, kepada media ini mengatakan menyambut baik kunjungan Tim SMK Negeri 1 Bener Meriah yang berkomitmen untuk melakukan kerjasama kepada mereka

"Kami menyambut baik, ini merupakan program yang sangat baik dilakukan sekolah vokasi agar dapat mempercepat pertumbuhan talenta digital dalam pendidikan vokasi dengan industri," kata Irpan Sabri.

“Dengan intensnya komunikasi ini, dapat memangkas gap, dalam arti sekolah tahu apa yang dibutuhkan oleh industri. Industri itu tidak melulu membutuhkan kompetensi, tapi juga karakter jauh lebih penting,” pungkas Irpan Sabri. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMK Negeri 1 Bener Meriah Melakukan Penjajakan Kerjasama Industri di Sumatera Utara

Terkini

Iklan