Iklan

terkini

Untuk Tingkatkan Imunitas, Kadinkes Bireuen Ajak Masyarakat Minum Jamu

Redaksi
Kamis, Juli 15, 2021, 11:31 WIB Last Updated 2021-09-14T15:48:27Z

Kadinkes Bireuwn Dr. Irwan A Gani Saat Memberikan Sambutan Pada Kegiatan Jak Sehat (Jamu Kamis Sehat) Di Puskesmas, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kamis, (15/7/2021). (Foto/Hamdani)

Bireuen
– Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bireuen dr. Irwan A Gani mengajak masyarakat untuk minum jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pendemi, yakni dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Hal ini diungkapkan Irwan saat menghadiri kegiatan rutin Jak sehat (Jamu Kamis Sehat) di Puskesmas, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kamis, (15/7/2021).

“Indonesia sebagai negara agraris, maka tidak salahnya negara yang subur seperti ini memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk meningkatkan imunitas tubuh,” kata Irwan.

“Apalagi Covid-19 sampai saat ini belum ada obat, cara melawan virus adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan minum ramu-ramuan tradisional seperti jamu,” lanjutnya.

Tambah Irwan, apa yang dilakukan oleh Puskesmas Peusangan Siblah Krueng ini merupakan inovasi yang luar biasa, karena ada kaitannya juga dengan Program Kemenkes RI.

“Ini luar biasa menurut kami, jadi kita jangan terpaku dengan bahan-bahan buatan, karena di sekitar kita masih banyak yang bisa dimanfaatkan dari alam sekitar, yang tak mempunyai efek samping,” ungkap Irwan.

“Kuncinya untuk merangsang antibodi dalam tubuh kita, adalah dengan meminum jamu,” ulangnya lagi.

Menurut Irwan, apa yang dilakukan Puskesmas Peusangan Siblah Krueng merupakan sebuah inovasi yang baik dan harus didukung oleh semua pihak.

“Ini merupakan inovasi, kita Kabupaten Bireuen memilki inovasi yang baik di tingkat nasional. Jadi mohon dukungan semua pihak, terutama Muspika Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan keuchik,” harap Irwan.

Sebelumnya Kepala Puskesmas (Kapus) Peusangan Siblah Krueng, Lisa Rita, S.KM mengatakan kegiatan Jak sehat yang merupakan akronim dari Jamu Kamis Sehat adalah merupakan kegiatan rutin setiap Kamis yang dilakukan pihaknya sejak 2018 silam, dan jargon yang diusung adalah jak tajep jamu, sehat badan cara Indatu.

“Ini merupakan kegiatan rutin kami sejak 2018 silam, tapi inovasi ini kami sesuaikan dengan kondisi pandemi.
Dalam rangka meningkatkan imunitas, menjadi contoh dan menjadi edukasi pada masyarakat sekitar, bahwa dengan ramuan tradisional bisa meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Lisa.

“Bagi kami, dukungan dari semua pihak sangat luar biasa. Dukung kami terus. Sehingga kita segera terbebas dari masa-masa pandemi ini,” lanjutnya.

Sementara itu Irmawati, SP yang merupakan sekretaris Bapeda Kabupaten Bireuen yang hadir dalam kegiatan tersebut pada juangnews.com mengaku senang dan bangga dengan kegiatan inovatif tersebut.

“Kami sangat senang dan bangga karena ibuk kapus mengundang kami, ini merupakan kegiatan hebat dan sangat inovatif,” ujar Irmawati.

“Kami sangat menapresiasi kegiatan yang luar biasa ini, karena ini merupakan salah satu ini aksi nyata guna meningkatkan imunitas tubuh. Kami akan dukung,” pungkasnya. [Hamdani]

Publisher: Hamdani

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Untuk Tingkatkan Imunitas, Kadinkes Bireuen Ajak Masyarakat Minum Jamu

Terkini

Topik Populer

Iklan