Iklan

terkini

PNL dan Balai Besar BBPPMPV BBL Medan Teken Perjanjian Kerjasama

Redaksi
Kamis, Juli 01, 2021, 09:58 WIB Last Updated 2021-09-14T15:54:46Z

Pnl Dan Balai Besar Bbppmpv Bbl Medan Teken Perjanjian Kerjasama (Foto/Humas)

Banda Aceh
– Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melakukan terobosan untuk memperkuat dan mempertajam kemitraan dengan berbagai Stakeholders, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang berada di Aceh maupun di luar Aceh untuk mendukung Program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

Terobosan itu dilakukan melalui penandatangan perjanjian kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Kemendikbudristek, Rabu (30/01/2021).

Penandatanganan Piagam Kerjasama tersebut dilaksanakan oleh Direktur PNL Rizal Syahyadi, ST.,Eng.Sc dan Kepala BBPPMPV BBL Medan Drs. Rasoki Lubis, M.Pd di sela-sela acara Rapat Koordinasi Kemitraan (Link and Match) BBPPMV BBL, Perguruan Tinggi Vokasi, SMK, Lembaga Kursus dan Pelatihan serta DUDI yang diselenggarakan oleh BBPPMPV BBL Medan, di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh

Dalam acara rakor tersebut, Direktur PNL Rizal Syahyadi juga bertindak sebagai narasumber dengan judul materinya “Kolaborasi Pendidikan Vokasi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) dalam Menghasilkan Lulusan Berdaya Saing” yang diikuti oleh peserta dari Manajemen BBPPMPV BBL, LMPP Aceh, Korwas Disdik Aceh, PNL, Kepala SMK, DUDI dan Lembaga Kursus dan Pelatihan.

Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Ir. Muhammad Hatta, S.ST.,MT mengatakan, tujuan perjanjian kerjasama ini dalam rangka melakukan pengembangan SDM dan Riset melalui Penyelarasan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Pendidikan dan Pelatihan Widyaiswara, Staf dan Guru SMK, dan Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Satuan Pendidikan Vokasi.

Lebih lanjut, pria yang biasa disapa Bung Hatta ini mengatakan, bahwa kedua belah pihak memiliki hak dan kewajiban dalam perjanjian kerjasama ini.

“Pihak BBPPMPV BBL bersedia menyiapkan data kompetensi widyaiswara, guru, teknisi dan laboran yang akan ditingkatkan kompetensinya, bersedia menyediakan program peningkatan widyaiswara, guru, teknisi dan laboran yang melibatkan PNL, serta berkoordinasi dengan PNL apabila terjadi hal-hal yang tidak dapat diselesaikan secara internal,” terang Hatta

“Sementara itu, PNL juga bersedia menyusun penyelarasan kurikulum diklat secara bersama; menyusun program peningkatan kompetensi widyaiswara, guru, teknisi dan laboran secara bersama; menyediakan pembimbing untuk program peningkatan kompetensi widyaiswara, guru, teknisi dan laboran; memfasilitasi penggunaan peralatan di PNL untuk program peningkatan kompetensi widyaiswara, guru, teknisi dan laboran; menerbitkan sertifikat peserta pelatihan/magang; dan bersedia menjadi instruktur tamu di BBPPMPV BBL,” lanjutnya.

Hatta mengatakan bahwa kerjasama ini akan bermanfaat pada keduabelah pihak.

“Kita berharap perjanjian kerjasama ini akan benar-benar terealisasi dalam waktu dekat dengan Pihak BBPPMPV BBL yang membawahi 11propinsi yang berada di pulau Sumatera dan Kalimantan ini, semoga kerjasama ini akan memberi manfaat bagi kedua belah pihak dalam upaya pengembangan pendidikan vokasi,” pungkas Bung Hatta. [Hamdani]

Publisher: Hamdani

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PNL dan Balai Besar BBPPMPV BBL Medan Teken Perjanjian Kerjasama

Terkini

Topik Populer

Iklan