Iklan

terkini

Kepala Bappeda Bireuen: Butuh Inovasi Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Redaksi
Jumat, Maret 08, 2024, 12:13 WIB Last Updated 2024-03-08T05:13:44Z
Kepala Bappeda Kabupaten Bireuen Bob Mizwar, S.STP., M.Si, (Foto/Muliyadi)

Bireuen - Stunting adalah salah satu masalah serius dalam pembangunan. Untuk itu, dalam upaya percepatan penurunan stunting, banyak hal yang harus dilakukan secara konvergensi dan dibutuhkan berbagai macam inovasi dari stakeholder terkait. 

Kepala Bappeda Kabupaten Bireuen Bob Mizwar, S.STP., M.Si, kepada media ini Kamis, (07/03/2024), di ruang Opproom setda Kabupaten Bireuen mengatakan bahwa untuk mengejar target turunnya angka stunting ditahun 2024 secara nasional harus 14℅ dan Bapak Pj Bupati Bireuen pada saat evaluasi kinerjanya sudah ditantang oleh pihak kemendagri agar paling tidak Bireuen mampu mencapai 17 persen dari angka sekarang yaitu 23,40 persen.

"Ini menjadi tantangan kita bersama. Berdasarkan data pada EPPGBM, terdapat 849 anak yang terindikasi stunting ini kondisi sampai dengan 5 Januari 2024," paparnya.

"Untuk mencapai target tersebut ada beberapa upaya yang telah dilakukan dalam upaya akselerasi penurunan stunting seperti penerapan inovasi praktek baik antara lain Lauching BAAS "Geutanyo Asuh Tambatan Ate (GATA)", Inovasi Mee Bu Gateng, Inovasi Aplikasi Leupie, Inovasi Beri Sehati dan Inovasi Saya Chating (Sanitasi) Air Minum Layak Cegah Stunting," jelas Bob.

Selanjutnya penguatan perencanaan dan penganggaran, peningkatan kualitas pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, peningkatan kualitas pemantauan, evaluasi dan pelaporan dan yang terakhir peningkatan kapasitas SDM unsur pelaku penurunan stunting. 

Kemudian lanjut Bob, upaya yang akan dilakukan untuk penurunan stunting antara lain yaitu penerapan inovasi GATA sebagai upaya penerapan bapak asuh anak stunting, pemanfaatan inovasi aplikasi LEUPIE sebagai satu sumber data, penilaian kinerja desa lokus stunting (PEDES LO), upaya penguatan dan melakukan perbaikan penajaman fokus aksi stakeholder meliputi penguatan koordinasi disemua level pemerintah dan penajaman dalam seluruh siklus atau tahap pelaksanaan program, mulai perencanaan sampai evaluasi. Selain itu juga, hal yang tidak kalah penting adalah mengoptimalkan peran para pihak dalam pentahelix guna akselerasi penurunan stunting dimaksud. [Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepala Bappeda Bireuen: Butuh Inovasi Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Terkini

Topik Populer

Iklan