Iklan

terkini

Ustaz Aiyub Rusli: Tiga Kiat Hidup Bahagia

Redaksi
Jumat, Februari 23, 2024, 20:32 WIB Last Updated 2024-02-23T13:32:56Z
Ustaz Aiyub Rusli. (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Dalam hidup dan kehidupan ini setiap muslim patut memperhatikan kiat-kiat hidup bahagia antara lain, syukur terhadap nikmat, sabar ketika mendapat cobaan, dan bertobat ketika melakukan kesalahan. 

Pengajar pada Pesantren Dar Maryam Samahani, Ustaz Aiyub Rusli, menyampaikan hal tersebut dalam Khutbah Jumat di Masjid Baitul Maqdis, Seuot, Kecamatan Indrapuri, Jumat, (23/02/2024).

Ustaz Aiyub Rusli menguraikan, tiga kiat hidup bahagia diperlukan untuk menjalani kehidupan yang penuh makna.  Pertama, perlunya sikap syukur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

"Kita harus selalu mengingat dan mensyukuri nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Dalam keadaan suka maupun duka, syukur adalah kunci dalam memperoleh kebahagiaan," ujarnya.  

Ia mengatakan, ciri-ciri orang itu telah bersyukur, tunduk orang terhadap pemberi nikmat, adanya rasa cinta terhadap yang memberi nikmat, dan tidak menggunakan nikmat tersebut dalam hal-hal yang tidak disukai oleh yang memberi nikmat.

Selanjutnya, Ustaz Aiyub menekankan kiat kedua, yaitu pentingnya sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup. 

"Sabar bukanlah tentang tidak merasakan sakit atau kesulitan, tetapi tentang mempertahankan hati yang lapang dan tawakal kepada Allah dalam menghadapinya," tambahnya. 

Ustaz Aiyub Rusli menegaskan, kiat ketiga, bertobat atas kesalahan yang dilakukan sebagai bagian dari kiat hidup bahagia. 

"Ketika kita melakukan kesalahan, janganlah malu kembali kepada Allah dengan tulus. Bertobatlah dengan sungguh-sungguh, karena dengan itulah kita mendekatkan diri kepada-Nya dan memperoleh ketenangan jiwa," ujarnya. 

“Semoga tiga kiat hidup bahagia ini menjadi bahan refleksi dan introspeksi bagi umat Islam, sehingga kita mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ustaz Aiyub Rusli: Tiga Kiat Hidup Bahagia

Terkini

Topik Populer

Iklan