Iklan

terkini

Imum Gampong Bayu Jadi Khatib di Mesjid AL-Istiqamah Keude Asan, Ini Bahasannya

Redaksi
Jumat, Januari 12, 2024, 23:39 WIB Last Updated 2024-01-12T16:39:59Z
Tgk. Hanafiah, M.Ali, S.Ag. MA.(Foto/Ist)

Bireuen - Tgk. Hanafiah, M.Ali, S.Ag. MA jadi Khatib di Masjid Al- Istiqamah, Lueng Kuli Kemukiman Keude Asan, Kecamatan Peusangan Selatan, Jumat, (12/01/2024).

Tgk.Hanafiah yang juga merupakan Imum Gampong Bayu, saat menjadi khatib mengangkat judul khutbahnya, "Tujuh amalan mulia di bulan Ra'jab ".

"Rasulullah Saw ketika datang bulan Ra'jab selalu berdoa, Ya Allah berikan keberkahan kepada kami di bulan Ra'jab dan bulan sya'ban dan pertemukan dengan Ramadan," ungkap Tgk. Hanafiah.

Tambah Tgk. Hanafiah, doa. Rasulullah menganjurkan kapada ummatnya supaya memperbanyak doa di bulan Ra'jab, karena senjata ampuh bagi orang beriman adalah doa. Selanjutnya adalah salawat," terang Tgk. Hanafiah.

Di hadapan ratusan jamaah Jumat, Tgk. Hanafiah mengajak jamaah untuk bersalawat.

"Mari basahi lidah kita dengan salawat, apalagi di bulan Ra'jab ini apalagi salawat merupakan rukun salat dan juga rukun khutbah Jumat," ungkapnya.

Menurut Tgk. Hanafiah, ada tujuh amalan mulia di bulan Ra'jab yaitu, yang pertama adalah puasa sunat.

"Sahabat bertanya, ya Rasulullah Saw kenapa senang dan gemar berpuasa Senin dan Kamis? Wahai sahabat, hari Senin adalah hari lahir saya, maka senang saya apalagi di bulan Ra' jab Allah angkat derajat yang sangat mulia. Sedangkan hari Kamis, adalah hari dimana Allah mengangkat Amal ibadah, maka saya cukup senang ketika Allah angkat amal saya sedang dalam keadaan berpuasa," terang Hanafiah.

Selanjutnya yang keempat menurut Tgk. Hanafiah, adalah memperbanyak salat sunat di bulan ini, "salat merupakan tiang agama, peristiwa besar di bulan Ra'jab adalah lahirnya salat lima waktu dengan perjalanan Isra' Mikraj pada 27 Ra'jab," ungkap Tgk. Hanafiah.

"Kelima memperbanyak sedekah di bulan Ra'jab, apalagi dengan pembangunan mesjid Istiqamah yang baru 30 persen, sangat perlu uluran tangan hamba Allah untuk pembangunan rumah Allah ini," lanjut Tgk. Hanafiah.

Amalan yang terakhir menurut Tgk. Hanafiah, adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an.

"Khatib mengajak jamaah memperbanyak membaca Al-quran. Rasulullah berpesan bacalah surat Al-Mulk sebelum tidur agar terhindar dari azab kubur. Kubur bisa jadi lobang taman surga bagi orang beriman. Bisa jadi lobang taman neraka bagi orang yg kafir yang mengingkari ayat-ayat Al-Quran atau ayat-ayat Allah," papar Tgk. Hanafiah.

Tempat paling mulia di dunia ini adalah masjid- masjid Allah yang agung lagi mulia, maka perjalanan Israk mikraj Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsha.  

"Semoga hati kita selalu terikat dengan masjid," harap Tgk. Hanafiah.

Tambah Tgk. Hanafiah, d ibulan Ra'jab harus memperbanyak Istiqfar. Menurutnya Rasulullah yang sudah dijamin masuk suurga tidak kurang setiap hari tujuh puluh kali Istiqfar, "apalagi kita hamba Allah yang berlumuran dausa mari di bulan ini memperbanyak taubat kepada Allah SWT," ajaknya.

 Diakhir khutbah Tgk. Hanafiah menyampaikan alangkah rugi kasempatan bulan Ra'jab berlalu dengan sia-sia.

"Semoga kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Amiin," pungkas Tgk. Hanafiah. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Imum Gampong Bayu Jadi Khatib di Mesjid AL-Istiqamah Keude Asan, Ini Bahasannya

Terkini

Iklan