Iklan

terkini

ITD Adisutjipto Sepakat Kembangkan Teknologi Penerbangan dengan USK

Redaksi
Jumat, Desember 08, 2023, 11:35 WIB Last Updated 2023-12-08T04:35:25Z
Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan bersama Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, memperlihatkan naskah  kerja sama usai ditandatangani di ruang mini USK, Banda Aceh, pada Kamis, (07/12/2023) kemarin. (Foto/ Ist)

Banda Aceh -- Institut Teknologi Dirgantara (ITD) Adisutjipto sepakat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dengan Universitas Syiah Kuala (USK). Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor ITD Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T dengan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Ruang Mini Rektor USK, Banda Aceh, Kamis, (07/12/2023) kemarin.

Selain sepakat mengembangkan teknologi penerbangan, dalam MoU ini kedua belah pihak juga sepakat bekerja sama dalam bidang pengembangan SDM, asistensi tenaga ahli dan bidang-bidang lain yang relevan.

Dalam sambutannya, Arwin menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas terjalinnya kesepakatan ini. Ia menjelaskan, ITD Adisutjipto merupakan satu-satunya Institut Teknologi Kedirgantaraan yang ada di Asia Tenggara.

Perguruan tinggi yang dibina oleh TNI Angkatan Udara ini, memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Teknik Kedirgantaraan dan Fakultas Teknik Industri. Adapun dalam kegiatan pembelajarannya, ITD Adisutjipto menyeimbangkan pendidikan berkarakter dengan kemampuan akademik, yang tujuannya untuk menghasilkan lulusan yang cepat diserap oleh dunia industri, baik sipil maupun militer.

Oleh sebab itu, Arwin menyambut baik terjalinnya kerja sama dengan USK, karena poin-poin kerjasama tersebut sangat sejalan dengan visi dan misi kampus ini.

“Tujuan semua ini adalah untuk menguatkan silaturahmi antara USK dengan kampus kami. Kita juga mengajak USK untuk join konferensi internasional tentang teknologi kedirgantaraan,” ucapnya.

Selanjutnya, Prof. Marwan turut menyambut baik dan berkomitmen untuk menindaklanjuti kesepakatan yang telah terjalin ini. Ia menilai, USK dan ITD Adisutjipto punya keunggulan di bidang keilmuannya masing-masing. Misalnya USK, yang unggul di bidang mitigasi bencana. Sementara ITD Adisutjipto unggul di bidang teknologi penerbangan.

“Jadi kita masih bisa memperluas peluang-peluang kerja sama lainnya, apalagi USK juga punya SDM untuk bidang yang terkait kedirgantaraan, seperti teknik mesin, informatika maupun teknik industri,” ucap Prof. Marwan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan dan Bisnis Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng, Direktur Direktorat Perencanaan dan Kemitraan dr. Iflan Nauval, M. ScIH, Sp.GK (K), Sp.KKLP, AIFO-K, serta Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ITD Adisutjipto Sepakat Kembangkan Teknologi Penerbangan dengan USK

Terkini

Topik Populer

Iklan