Iklan

terkini

Peduli Palestina dan Lulusan Benua Afrika Warnai Wisuda USK

Redaksi
Jumat, November 10, 2023, 11:40 WIB Last Updated 2023-11-10T04:43:12Z
Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan membentangkan bendera Palestina secara virtual pada wisuda hari kedua di Gedung AAC Dayan Dawood, Kamis, (09/11/ 2023) kemarin. (Foto/ Ist)

Banda Aceh -- Universitas Syiah Kuala (USK) kembali mewisuda sebanyak 1.121 lulusan di hari kedua wisuda periode Agustus-Oktober. Nuansa peduli Palestina dan empat lulusan dari benua Afrika menjadi momen spesial yang mewarnai Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh,  Kamis, (09/11/2023) kemarin.

Tim Paduan Suara USK di sela-sela prosesi wisuda membawakan lagu We Will Not Go Down yang dipopulerkan oleh penyanyi Michael Heart. Para wisudawan, orangtua, tamu undangan sontak memberikan tepuk tangan. Tatap binar mata terharu tampak dari seluruh hadirin yang ada di momen tersebut.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan bahkan membentangkan bendera Palestina secara virtual. Ia mengangkat gawai miliknya dengan gambar bendera Palestina, dengan melambaikan kepada segenap hadirin. Wisudawan dan tamu undangan, mengikuti setiap bait dari lagu dengan pesan perjuangan warga Palestina terutama di Gaza.

"USK atas nama kemanusiaan, juga sebagai muslim, kami mendoakan kiranya penderitaan saudara kami di Palestina segera berakhir. Kami mendukung penuh kedaulatan Palestina, dan berdiri untuk semua bangsa negara yang tertindas yang ada di dunia," kata Prof. Marwan.

Salah satu bentuk dukungan konkret, USK mengirimkan bantuan Rp. 16.000.000. Donasi ini digalang oleh tendik dari 18-20 Oktober 2023 lalu. Dharma Wanita Persatuan USK juga mengulurkan tangan dengan batuan Rp 20.700.000. Rumah Amal USK juga terus menggalang bantuan untuk disalurkan ke Palestina.

"USK turut mengundang Dubes Palestina untuk Indonesia, agar dapat hadir di Aceh pada 16-17 November untuk membicarakan pendidikan bagi anak-anak Palestina," tuturnya.

Nuansa global kian kental di hari kedua wisuda USK. Tiga mahasiswa dari Benua Afrika yang kuliah di Fakultas Teknik sudah menjadi sarjana. Ketiganya adalah Bayo Manneh (S1 Teknik Sipil FT USK), Alagie Salieu Nankey (S1 Arsitektur FT USK), dan Tata Drame (S1 Teknik Pertambangan FT).

Dua nama pertama berasal dari negara Gambia, lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan satu nama terakhir berasal dari negara Mali, lulus dengan predikat memuaskan.

"Sebagai kampus PTN-BH, USK terus berakselerasi menjadi World Class University. Selamat untuk lulusan USK dari Benua Afrika. Semoga ilmu yang diperoleh di USK, bisa berkontribusi signifikan terhadap kemajuan Afrika dan dunia," ucap Prof. Marwan. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peduli Palestina dan Lulusan Benua Afrika Warnai Wisuda USK

Terkini

Topik Populer

Iklan