Iklan

terkini

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Gelar PKM Kolaborasi Internasional di Bener Meriah

Redaksi
Rabu, November 08, 2023, 22:55 WIB Last Updated 2023-11-08T15:55:48Z
Pascasarjana UIN Ar-Raniry gelar PKM kolaborasi internasional di Bener Meriah. (Foto/Ist)

Banda Aceh -- Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2023 dengan tema Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Penguatan Kelembagaan Keislaman Masyarakat Bener Meriah melalui Pengabdian Kolaboratif International Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh  di Kabupaten Bener Meriah, 7-10 November 2023.

Kegiatan tersebut terselenggara melalui kolaborasi sembilan program studi di lingkungan Pascasarjana UIN Ar-Raniry dan merupakan kegiatan ketiga kalinya setelah kegiatan serupa sukses dilaksanakan di Aceh Timur pada 2021 dan di Nagan Raya pada 2022. PKM tersebut dilaksanakan berstandar internasional dengan melibatkan salah satu lembaga internasional, yaitu Internasional Center for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAOS).

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Prof Eka Srimulyani MA PhD dalam sambutannya mengatakan,  PKM Kolaborasi International tersebut sebagai implementasi integrasi keilmuan untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan melibatkan ICAOS yang merupakan lembaga international.

 "Program ini menjadi metode efektif dan tepat sasaran dalam mewujudkan perubahan kehidupan sosial masyarakat dalam khazanah keislaman,” ungkap Prof Sri Mulyani Rabu, (08/11/2023).

Sementara itu, Pj Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs Haili Yoga MSi dalam sambutan sekaligus membuka acara berharap kegiatan tersebut mampu meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

“Semoga dengan kegiatan ini mampu meningkatkan mutu pendidikan dan SDM di Bener Meriah, karena selama ini kita sangat fokus dalam pengembangan sumber daya manusia dengan penguatan keislaman, khususnya mendekatkan masyarakat dengan Al-Quran,” ujar Haili Yoga saat membuka PKM di Pendopo Bupati Bener Meriah, Selasa (07/11/2023) kemarin.

Di antara rangkaian kegiatan PKM yang dilaksanakan yaitu Inovasi Peningkatan Minat Baca, Bimbingan Catin sebagai Upaya Penguatan Keluarga, Pengelolaan Website dan Media Sosial untuk Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Gampong, Moderasi Beragama: Konsep dan Implementasi di Lembaga Pendidikan, Pengembangan dan Penguatan Bahasa Arab, Pengelolaan Zakat Pasca Qanun Nomor 3 Tahun 2021, Konsep Pendidikan Terpadu dan Penguatan Program Dinas Syariat Islam di Kabupaen Bener Meriah.

Dalam kesempatan itu, turut dilaksanakan kegiatan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pascasarjana UIN Ar-Raniry dengan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bener Meriah. Rangkaian kegiatan tersebut mendapat antusiasme dan apresiasi yang baik dari pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan para peserta. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pascasarjana UIN Ar-Raniry Gelar PKM Kolaborasi Internasional di Bener Meriah

Terkini

Topik Populer

Iklan