Iklan

terkini

USK Wisudakan 1.607 Lulusan, Diantaranya dari Gambia dan Kenya

Redaksi
Rabu, Agustus 09, 2023, 19:49 WIB Last Updated 2023-08-09T12:50:04Z
Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, menyerahkan ijazah kepada salah seorang wisudawan Angkatan ke ke 158 di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (09/08/2023). (Foto/Ist)

Banda Aceh -- Universitas Syiah Kuala (USK) melalui sidang terbuka mewisudakan sebanyak 1.607 lulusan sarjana, pendidikan profesi, spesialis, pascasarjana dan diploma untuk periode Mei – Juli 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, pada Rabu, (09/08/2023).

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya mengatakan, wisuda kali ini USK melaksanakannya dalam dua hari. Pada hari Rabu, 9 Agustus 2023, USK melepas 761 lulusan. Lalu 850 lulusan lainnya akan dilepas pada Kamis, (10/08/2023) besok.

"Adapun dari 1.607 lulusan yang diwisuda tersebut, 567 di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian, atau cumlaude. Dengan prosesi wisuda hari ini, maka jumlah alumni Universitas Jantong Atee Rakyat Aceh saat ini menjadi 152.144 orang," ucap Prof Marwan.

Prof Marwan mengatakan, kemudahan teknologi hari ini seyogyanya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berinovasi dan menjemput karier dengan berbagai kreativitas digital. Karena itu, ia berpesan kepada wisudawan, untuk terus mengasah diri dan meningkatkan kompetensi.

"Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah dimiliki, teruslah melanjutkan studi, belajar hal-hal baru dari berbagai sumber. Di sisi lain, para lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk mengubah pola pikir dari konservatif menuju pola pikir yang kreatif dan inovatif," pesan Prof Marwan.

USK senantiasa berupaya mengubah mindset mahasiswa dan alumni, dari tujuan mereka sebagai pencari kerja, menjadi pencipta lapangan kerja baru. Salah satu upaya USK adalah melalui program 1000 Wirausaha Muda USK yang telah diluncurkan pada bulan Maret lalu. 

Lalu pada bulan Juni, kampus ini juga telah melaunching Program Wirausaha Merdeka (WMK). Sejumlah kolaborasi telah USK lakukan, dengan berbagai pihak untuk mendukung program ini, seperti dengan Bank Syariah Indonesia, PT. Pos maupun Pegadaian Syariah.

"Semua yang kita lakukan ini, merupakan ikhtiar USK untuk mendorong kemandirian bagi mahasiswanya maupun setelah mereka lulus," pungkas Rektor.

Proses wisuda berlangsung lebih semarak, karena dari total wisudawan yang dilepas, dua di antaranya adalah mahasiswa asing dari negara Afrika, Edward Nicholas, Gambia, dan Filiberto Milia Mayiani, Kenya. Keduanya menyandang gelar Sarjana Ekonomi (S.E), setelah menyelesaikan studi di prodi internasional Ekonomi Pembangunan maupun Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK.

"Hari istimewa dalam hidup saya. Sebuah perjalanan hidup yang menakjubkan. Lewat pendidikan saya bisa tiba di Aceh, Indonesia, dan menjadi sarjana di USK," ucap Edward Nicholas, wisudawan USK asal Gambia.

Sedangkan Kamis (10/08/2023)), mahasiswa dari Fakultas Teknik USK, Mariamma Badjie asal Gambia juga akan wisuda, dengan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T). Setelah menyelesaikan studinya pada prodi Teknik Sipil. Sebelumnya, USK juga telah meluluskan 10 mahasiswa asing dengan predikat cumlaude.

Saat ini, sekitar 80 mahasiswa asing masih menjalankan studinya di USK. Keberadaan mahasiswa asing tersebut setidaknya menunjukkan USK telah meluaskan kiprahnya, baik di tingkat nasional hingga dunia internasional. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • USK Wisudakan 1.607 Lulusan, Diantaranya dari Gambia dan Kenya

Terkini

Iklan