Iklan

terkini

Kantor PT MKDP Cabang Aceh Singkil Resmi Dibuka, Bertekat Rekrut Ribuan Tenaga Kerja

Redaksi
Kamis, Agustus 03, 2023, 07:58 WIB Last Updated 2023-08-03T00:58:45Z
Asisten II Faisal (tengah) berfoto bersama usai peresmian Kantor MKDP di jalan Syeikh Hamzah Fansuri Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil. (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil meresmikan kantor Perusahaan PT Mitra Karya Djaya Perdasa (MKDP) di Jalan Syeik Hamzah Fansuri Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil pada Rabu, (02/08/2023) kemarin.

Peresmian kantor perusahaan pengelola pangan kacang sacha Inchi tersebut, diresmikan Pj Bupati Aceh Singkil Pj Drs Azmi, yang diwakili oleh Asisten II Faisal yang ditandai dengan pengguntingan pita, pemotongan nasi tumpeng dan peusijuk.

Acara itu, turut dihadiri Kepala DPMK Aceh Singkil Azwir, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kuatno, Perwakilan Dandim dan Polres Aceh Singkil, perwakilan Keuchik Pulo Sarok dan para undangan lainnya.

Direktur Utama PT MKDP Eko Sumaryanto, kepada wartawan, mengatakan perusahaan bertekat mensejahterakan rakyat di bidang pangan. 

"Kalau di Jawa bisa dibilang ekonomi kerakyatan tapi kalau di sini bisa disebut ketahanan pangan," kata Eko.

Dikatakan, kacang sacha Inchi untuk saat ini sangat primadona di mata petani dalam dua tahun terakhir karena proses pertumbuhannya jangka panjang dimana usianya bisa mencapai 20 tahun. Usai penanaman selama enam bulan sudah bisa panen dan berikutnya setiap bulan terus menerus panen.

Untuk proses penanaman ikut dikawal penyuluh pertanian lapangan (PPL) sampai dipastikan panen, pupuk difasilitasi perusahaan, bahkan semuanya dibackup dari perusahaan dan dipastikan kelompok tani enam bulan kedepan panen kecuali pembelian bibit.

"Prosesnya dalam suatu kelompok yang dikelola PT MKDP di suatu cabang dalam pembelian bibit per polibet bertarif Rp 7000, selanjutnya penyediaan sarana dan prasarana dan hal lainnya difasilitasi oleh perusahaan sampai panen," jelas Eko.

Menjawab pertanyaan wartawan, kenapa perusahaan bersedia mengembangkan sayapnya sampai ke Aceh Singkil berdasarkan kajian dan penelitian tingkat keasaman dan kebasaan (PH)  suatu tanah menunjukkan skala angka tujuh.

"Mudahan-mudahan kehadiran PT MKDP membawa manfaat dan mensejahterakan masyarakat Aceh Singkil karena Kacang ini tanaman primadona para petani serba manfaat," tuturnya.

Disamping itu, kacang sacha ichi seluruh bagian tanamannya semua bermanfaat, mulai dari buah, batang hingga daun dalam home industri untuk mengelola minyak atsiri.

Sementara menanggapi hal itu Asisten II Faisal, sangat mendukung sekali karena lahan tidur luar biasa banyaknya, bahkan kedepan pemerintah pusat anjurkan lahan kosong secara spesifik disediakan. 

"Nanti kita kolaborasi dengan dinas Pertanian, Pangan dan lainnya. Kebetulan saya membidangi perekonomian yang yang bisa berkontribusi, ucapnya 

Sebelumnya Ketua Panitia, Mansurdin, menyebutkan dalam upayanya untuk mensejahterakan masyarakat dan memperluas bisnisnya, PT MKDP berjanji akan merekrut puluhan ribu karyawan lokal dalam tujuh bulan ke depan untuk mengisi polibet dan turut berkontribusi dalam sektor perekonomian di Aceh Singkil.

Dengan adanya PT MKDP, masyarakat di Aceh Singkil memiliki peluang yang lebih baik untuk mengembangkan potensi kacang sacha Ichi yang mudah tumbuh di areal atau gambut. 

"Selain menghasilkan kacang, tanaman ini juga dapat menghasilkan berbagai produk lainnya seperti minyak dan kopi," ujarnya.

Perusahaan telah menyelenggarakan sosialisasi dan menemukan banyak minat dari masyarakat untuk bekerja sama dalam pengembangan kacang sacha Ichi. PT MKDP optimis dapat menampung hasil panen dari para petani.

Diharapkan kehadiran PT MKDP membawa dampak positif bagi masyarakat Aceh Singkil dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan di wilayah tersebut. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kantor PT MKDP Cabang Aceh Singkil Resmi Dibuka, Bertekat Rekrut Ribuan Tenaga Kerja

Terkini

Topik Populer

Iklan