Iklan

terkini

Ini Pesan Khatib Jumat, di Masjid Al-Ikhlas Leupung: Bersedekahlah Dari Harta Terbaik

Redaksi
Jumat, Agustus 11, 2023, 20:37 WIB Last Updated 2023-08-11T13:37:55Z
Tgk. Marwan, S.Ag (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Bersedekah merupakan ibadah sosial yang dianjurkan oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw,  karena di dalamnya mengandung banyak kebaikan dan keberkahan, terutama ajaran sosialisme. 

“Untuk itu, kita diperintahkan bersedekah kapan pun dan dimanapun, dan salah satu hari yang mulia untuk bersedekah adalah hari Jumat. Semoga apa yang disedekahkan pada  hari Jumat menjadi amal perbuatan yang baik,” demikian disampaikan Tgk. Marwan, S.Ag dalam khutbah Jumat di Masjid Al Ikhlas, Kecamatan Leupung,  Aceh Besar, Jumat,  (11/08/2023). 

Marwan menjelaskan, sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang besar pahalanya, keberadaannya bukan hanya berkaitan dengan penghambaan kepada Sang Khaliq, namun juga merupakan sikap solidaritas kepada sesama manusia. 

"Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapapun, namun bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat," ujar Kepala MIN 31 Aceh Besar itu. 

Di dalam banyak literatur fiqih, sebut khatib, anjuran bersedekah di hari Jumat sebagaimana waktu-waktu utama yang lain memiliki nilai keutamaan lebih besar dari pada waktu lainnya. Hari Jumat termasuk waktu yang utama untuk bersedekah, karena Jumat merupakan hari raya orang Islam sebagaimana disebutkan dalam hadits.

"Penekanan bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu utama yang lain bukan berarti anjuran untuk menunda sedekah di waktu-waktu tersebut. Namun yang dimaksud adalah bersedekah di waktu-waktu tersebut memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seseorang dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat," sebut mantan penyiar Radio Baiturrahman tersebut.  

Tambahnya, di antara wujud syukur bil arkan atau syukur dalam tindakan bisa dilakukan dengan cara berbagi nikmat yang didapatkan kepada orang atau pihak lain. Seperti saat bahagia mendapatkan nikmat rezeki berupa harta benda, bisa mengambil sebagian dari rezeki tersebut untuk kemudian diberikan kepada orang lain. Langkah ini tentu akan membuat orang lain bahagia dan juga akan semakin menjadikan diri bertambah lebih bahagia lagi.

"Kita pun sebenarnya tak perlu khawatir jika berbagi rezeki dengan orang lain, rezeki kita akan berkurang. Kita perlu sadari bahwa rezeki bukanlah matematika yang secara logika 1-1= 0. Namun justru sebaliknya, rezeki adalah kehendak Allah semata yang terkadang kita alami sendiri 1-1 bisa menjadi 11," katanya. 

Kekhawatiran berkurangnya rezeki, jika dibagikan pada orang lain, tentu sangat tidak beralasan. Hal ini karena Allah swt pun telah menyebutkan dalam Al-Quraan bahwa rezeki yang ia berikan bukan hanya dari kita bekerja saja. Allah memberi rezeki kepada siapa saja yang dikehendakinya dari jalan yang tidak disangka-sangka. 

“Allah lah sejatinya yang memiliki skenario rezeki dalam hidup kita. Kita tetap diperintahkan untuk berusaha dan kemudian menyerahkan hasilnya kepada Allah Swt. Hasil yang kita dapatkan pun sejatinya bukan melulu karena hasil kerja keras kita. Semua itu sejatinya adalah kehendak dari Allah Swt,”  sebut Marwan.

Tambah khatib, buktinya bisa dilihat dan amati bersama-sama dalam kehidupan nyata. Terkadang kita melihat ada orang yang bekerja keras, siang malam, pergi pagi, pulang sore, namun hasil yang didapatkan masih kalah dengan seseorang yang terlihat santai dalam bekerja. Ini merupakan bukti bahwa rezeki adalah hak prerogatif Allah Swt.

"Oleh karenanya, di penghujung khutbah ini, mari kita budayakan untuk saling berbagi, bersedekah, dan berinfak dari rezeki yang telah Allah berikan agar kita senantiasa mendapatkan keberkahan. Sekali lagi, jangan khawatir untuk berbagi karena hakikat memberi adalah menerima," pungkasnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Pesan Khatib Jumat, di Masjid Al-Ikhlas Leupung: Bersedekahlah Dari Harta Terbaik

Terkini

Iklan