Iklan

terkini

Umuslim Gelar Pelepasan Peserta PMM Angkatan 3 dan Kampus Mengajar Angkatan 6

Redaksi
Kamis, Juli 27, 2023, 08:37 WIB Last Updated 2023-07-27T01:37:46Z
Kegiatan pelepasan peserta PMM angkatan 3 dan Kampus Mengajar Angkatan 6. (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Universitas Almuslim (Umuslim) melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 dan Kampus Mengajar Angkatan 6 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), bertempat di ruang Creatif Center Gedung MA Jangka, Selasa (18/07/2023) lalu. 

Menurut laporan  Koordinator MBKM Umuslim Misnawati, M.Pd., CIIQA yang menyampaikan pada media ini Kamis, (27/07/2023) mahasiswa akan berangkat menuju ke perguruan tinggi penerima yang  tersebar di seluruh Indonesia pada akhir Juli sampai pertengahan Agustus 2023 mendatang.

Menurut  Misnawati peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 akan belajar di PT Penerima selama satu semester di luar program studi.

"Ini kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu di kampus luar dan tentunya mereka memperoleh pengalaman belajar yang luar biasa, karena mereka semua lulus pada universitas terbaik di Indonesia. Mulai dari Agustus sampai Maret 2024," katanya.

"Sungguh banyak benefit yang akan diterima oleh mahasiswa peserta PMM maupun Kampus Mengajar, seperti meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berbicara di depan umum atau khalayak ramai, pengakuan SKS maksimal 20 SKS, mendapatkan pembelajaran yang berkualitas baik berupa pengembangan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (sttitude)," lanjutnya.

Tambahnya lagi, kemampuan hard skill seperti keterampilan memecahkan permasalahan/ complex problem solving dan soft skill seperti komunikasi, kerja sama, mengasah kemampuan kepemimpinan, meningkatakan wawasan dan pengetahuan mahasiswa, dan masih banyak lagi manfaat yang terima oleh mahasiswa selain dari Bantuan Biaya Hidup (BBH) dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd pada saat pelepasan menyampaikan kepada mahasiswa peserta PMM Angkatan 3 untuk membangun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Selain itu Marwan juga mengharapkan kepada peserta agar dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill mahasiswa yang sesuai karakter pancasila.

“Manfaatkan kesempatan memperluas jejaring dan mengembangkan wawasan secara global,” harap rektor Umuslim.

Sedangkan bagi mahasiwa Program Kampus Mengajar Angkatan 3 agar dapat melaksakan tugas sebaik-baiknya dalam mendampingi guru dalam mengajar dengan memberikan informasi terupdate  dan sedang berkembang didunia pendidikan,

"Apalagi di sekolah saat ini juga telah menggunakan kurikulum Merdeka Belajar, tentunya  sejalan dengan kurikulum di Perguruan Tinggi berupa implementasi MBKM," terang Marwan.

"Selain itu mahasiswa kampus mengajar harus memberikan perubahan pada literasi dan numerasi kepada murid-murid di sekolah, mengidentifikasi dan analisis masalah dan mencari solusi atau merancang program pemecahannya," lanjutnya.

Menurut Rektor Umuslim  bahwa kampus merdeka merupakan program yang menunjang untuk tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

"Jadi adik-adik mahasiswa  harus memberikan kontribusi untuk mencapai IKU 1 dan IKU 2, berupa lulusan berkualitas dan mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar," jelas Marwan.

“Jaga nama baik Universitas Almuslim, nama baik Aceh, harumkan nama kampus di kancah nasioal dan internasional”, harap Marwan diakhir sambutannya.

Kemudian pada kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Halus Satriawan, SP., M.Si mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa PMM Angkatan 3 dan Kampus Mengajar Angkatan 6.

Halus Satriawan berharap agar peserta dapat berdaptasi dengan kampus penerima, karena  kampus memiliki cara dan budaya belajar yang berbeda, 

"Tingkatkan disiplin dalam segala hal, harus bisa membagi waktu dan tetap fokus belajar dengan metode  Modul Nusantara, tentunya  sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran. Bagi adik-adik  mengikuti program kampus Mengajar harus mampu memberikan pembelajaran literasi dan numerasi, assesmen pembelajaran, kurikulum merdeka, komptensi pedagogic, serta keterampilan soft skill yang dibutuhkan oleh siswa-siswa di sekolah dan juga pihak sekolah selama penugasan," ingatnya.

"Selain itu juga manfaatkan kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, mengembangkan diri dan mengasah kemampuan bersosial baik dengan sesama peserta kampus mengajar pihak di sekolah maupun bahkan di Dinas Pendidikan," pungkasnya.

Pelepasan berlangsung dalam suatu cara selain dihadiri Rektor Umuslim, juga dihadiri para Wakil Rektor, Dekanat, Koordinator MBKM, para ka.prodi, PIC Kampus Mengajar dan Operator SSO SIAKAD MBKM. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Umuslim Gelar Pelepasan Peserta PMM Angkatan 3 dan Kampus Mengajar Angkatan 6

Terkini

Topik Populer

Iklan