Iklan

terkini

KKM Umuslim Angkatan XXIII Pilih Cot Jrat, Kota Juang. Ini Alasan Desa itu Dipilih

Redaksi
Kamis, Juli 13, 2023, 15:42 WIB Last Updated 2023-07-13T08:42:57Z
Mahasiswa KKM Umuslim Angkatan XXIII di Cot Jrat (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim (Umuslim)  Angkatan XXIII Tahun Akademik 2022/2023 akan ditempatkan di Desa Cot Jrat, kecamatan Kota Juang,Kabupaten Bireuen.

Informasi ini disampaikan Ketua Pelaksana  Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XXIII Drs. Syarkawi, M. Ed dalam laporannya saat pembukaan pembekalan  peserta KKM,  di Ruang seminar Ampon Chiek Peusangan, kampus Umuslim, Kamis (13/07/2023).

Acara pembekalan dibuka wakil Rektor Bidang Akademik Umuslim Dr.Halus Satriawan, M.Si. Halus Satriawan dalam kesempatan tersebut menyampaiakan bahwa metode KKM ini juga merupakan implementasi  program Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM).

"Lokasi di pilih  desa  merupakan mitra Umuslim, sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan Program KKM Tematik di desa tersebut. Seperti diketahui Desa Cot Jrat merupakan salah satu desa yang punya banyak potensi, terkenal kemajuan  Posyantekdesnya," ungkap Warek I Umuslim itu.

“Silakan mahasiswa manfaatkan kesempatan baik ini untuk belajar ilmu baru dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan masyarakat Desa Cot Jrat,” lanjutnya.

Warek I Umuslim juga menyampaikan kepada  mahasiswa yang bisa menghasilkan riset dari KKM dan terpublikasi di jurnal terindek seperti Scopus atau Sinta akan dibantu subsidi oleh kampus.

"Silakan membangun desa dengan  pradigma baru, transfer iptek dan pengetahuan baru, jalankan program mahasiswa yang bermanfaat, baik untuk pribadi maupun masyarakat," ajak Halus Satriawan.

Selain itu Halus Satriawan mengharapkan  peserta, selama di lokasi agar  menjaga sopan santun, berakhlakul karimah, junjung tinggi adat istiadat dan  syariat islam dalam bergaul selama di lokasi pengabdian.

Sementara itu  ketua Bidang Divisi Pengabdian LPPM  Umuslim Drs. Syarkawi, M. Ed melaporkan jumlah  peserta KKM Angkatan XXIII  sebanyak 40 orang (14 laki-laki dan 26 perempuan), berasal dari berbagai program studi. 

"Sementara jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) seluruhnya dua orang., meruupakan  dosen tetap Umuslim," ujar Syarkawi 

"Adapun  rincian Fakultas Pertanian lima orang,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tiga orang, Fakuktas Teknik dua orang, Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 26 orang, Fakuktas Ilmu Komputer (FIKOM) tiga orang dan Fakultas Ekonomi (FE) satu orang," rinci Syarkawi didampingi Sekretaris Panitia Afkar, MPd. 

Pembukaan pembekalan turut dihadiri Syukri selaku ketua Posyantekdes Desa Cot Jrat, ketua dan sekretaris LPPM, dekan, wakil dekan dan sejumlah dosen dan  pembimbing lapangan serta  seluruh peserta pembekalan. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KKM Umuslim Angkatan XXIII Pilih Cot Jrat, Kota Juang. Ini Alasan Desa itu Dipilih

Terkini

Topik Populer

Iklan