Iklan

terkini

Hindari Bahaya Narkoba, BNNK Bireuen Latih Life Skills Pemuda dan Pemudi Desa Tingkeum Manyang

Redaksi
Kamis, Juli 13, 2023, 16:11 WIB Last Updated 2023-07-13T09:23:20Z
Salah seorang peserta pelatihan (Foto/Ist)

Bireuen - Badan Narkotika  Nasional (BNN) Kabupaten Bireuen menggelar pelatihan life skills untuk pemuda dan pemudi Desa Tingkeum Manyang, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen. Hal ini disampaikan Kepala Desa Tingkeum Manyang Ir. Mawardi, MSM pada media ini Kamis, (13/07/2023).

"Kegiatan Life skills tersebut  dati BNN Kabupaten Bireuen, yang menjadi peserta adalah pemuda dan pemudi desa Tingkeum Manyang sebanyak 15 orang," jelas Mawardi yang merupakan pensiunan PNS Pemkab Bireuen ini.

Pelatihan tersebut menurut Mawardi dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 12-14 juli 23. Dengan rincian pelaksanaan yaitu pada 12 Juli kegiatan pembukaan dan membuat sabun cuci piring. Selanjutnya  13 Juli membuat sabun mandi, dan 14 Juli  finishing dan penutupan.

Mawardi menambahkan, bahwa lembaga yang dipercayakan oleh BNNK Bireuen untuk memberikan pelatihan Keterampilan Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring dan Sabun Jelly Mandi adalah Soap's Clever Community ( SCC Bireuen), dengan instruktur senior Murizal Pangeran, instruktur Imran Murai, dan assisten instruktur Saifannur.

Di hadapan peserta pelatihan, pada saat pembukaan kegiatan itu, Mawardi mengatakan bahwa dengan adanya life skill tentang pembuatan sabun cuci piring dan sabun mandi cair yang difasilitasi oleh BNNK Bireuen diharapkan kepada pemuda dan pemudi di gampong Tingkeum Manyang agar dapat memanfaatkan momen ini untuk membuka peluang usaha, agar lebih mandiri.

"Peserta harus bisa menangkap peluang usaha, walau untung sedikit namun lebih nyaman dibandingkan dengan menjual narkoba dengan untung fantastis namun penuh resiko," kata Mawardi.

"Sabun ini disamping digunakan untuk kalangan sendiri dan keluarga juga dpt dipasarkan melalui BUMG desa. Apalagi  alat dan bahan pembuatan sabun cair tersebut akan dihibahkan oleh BNNK Bireuen untuk Desa Tingkeum Manyang, sehingga bisa terus diproduksi," sambungnya.

Tentang bahaya narkoba juga diingatkan oleh Camat Kutablang Salamuddin, S.Pd pada saat membuka pelatihan tersebut.

"Bila kita sudah kena narkoba orangtua sendiri bisa tidak kenal lagi, karena otak kita sudah diracuni oleh narkoba," ingat Camat Salamuddin.

Pembukaan kegiatan itu selain dihadiri oleh Camat Kutablang juga dihadiri unsur Muspika Kutablang, Ketua PKK, Ketua Tuha 4, pemuda dan pemudi desa. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hindari Bahaya Narkoba, BNNK Bireuen Latih Life Skills Pemuda dan Pemudi Desa Tingkeum Manyang

Terkini

Topik Populer

Iklan