Iklan

terkini

Bantu Masyarakat yang Butuh, Pj Bupati Aceh Besar Ajak Donor Darah

Redaksi
Rabu, Juli 19, 2023, 09:45 WIB Last Updated 2023-07-19T02:45:55Z
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar aksi sosial donor darah di kompleks Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (17/07/2023) lalu, seorang ASN terlihat sedang mendonorkan darahnya. (Foto/ Ist)

Aceh Besar – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP, MM mengajak  seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah beserta ASN dan pegawai kontrak untuk aktif melaksanakan aksi sosial donor darah guna membantu masyarakat yang membutuhkannya.

Sebagai wujud kepedulian kepada sesama tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar didukung seluruh OPD kembali melaksanakan aksi donor darah yang dipusatkan di kompleks Kantor Bupati Aceh BesaSenin, (17/07/2023) lalu. 

Aksi kemanusiaan tersebut didukung oleh pengurus PMI Kota Banda Aceh dengan mengirimkan satu mobil donor darah beserta petugasnya.

Secara khusus, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan bahwa Pemkab akan rutin menggelar kegiatan ini dan sekaligus memberikan apresiasi kepada para kepala OPD, ASN, dan tenaga kontrak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan donor darah itu. 

Lebih lanjut, Iswanto  menyatakan, berdonor darah merupakan amalan yang sangat berfaedah dilakukan oleh setiap orang sehat di tengah langkanya stok darah untuk kebutuhan berbagai rumah sakit, baik yang ada di Aceh Besar maupun di Kota Banda Aceh.

Dikatakan Iswanto, pendonor darah harian masih kalah jauh dengan jumlah kebutuhan darah setiap harinya dari sejumlah rumah sakit di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Padahal rata-rata pasien di sejumlah rumah sakit di wilayah tersebut berasal dari Aceh Besar. 

"Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya ASN dan warga Aceh Besar untuk berpartisipasi mendonorkan darah ke PMI, agar bisa disalurkan untuk para pasien dengan berbagai kebutuhan di setiap rumah sakit," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi didampingi Asisten III Setdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM di sela-sela kegiatan donor darah tersebut mengaku sangat bahagia, karena aksi sosial ini mendapat dukungan dari Kepala OPD, para ASN, tenaga kontrak, serta sejumlah masyarakat Kota Jantho. 

Dijelaskan pula, aksi donor darah sudah sering dilaksanakan di Aceh Besar, termasuk pada  3 Mei 2023, bertepatan dengan HUT ke-39 Kota Jantho tahun 2023.  

Sesuai data di UTD PMI Banda Aceh, setiap harinya kebutuhan transfusi darah untuk rumah sakit di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar mencapai 200 hingga 250 kantong. 

Namun, jumlah pendonor harian hanya 100 orang. Oleh sebab itu, kegiatan donor darah yang digagas berbagai komponen masyarakat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan transfusi darah. [Sayed M. Husen]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bantu Masyarakat yang Butuh, Pj Bupati Aceh Besar Ajak Donor Darah

Terkini

Topik Populer

Iklan