Iklan

terkini

Calon Tuha Peut Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Diuji Kemampuan Baca Al-Quran

Redaksi
Senin, Juni 05, 2023, 22:49 WIB Last Updated 2023-06-05T15:52:10Z
Salah seorang calon Tuha Peut dari unsur perempuan, sedang dilakukan uji baca Al-Quran (Foto/Hamdani)

Bireuen - Sebanyak 12 orang calon Tuha Peut Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh diuji kemampuan membaca ayat suci Al-Quran.  Dilaksanakan di Meunasah Gampong setempat pada Senin, (05/06/2023) malam.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pemilihan Tuha Peut di gampong tersebut untuk memilih sembilan orang Tuha Peut definitif, setelah sebelumnya dipilih empat orang tiap dusun, yang mewakili unsur keagamaan, cendikiawan/adat, kepemudaan, dan unsur perempuan.

Calon Tuha Peut Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah (Foto/ Hamdani)

Sekretaris Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Denny Mangkuwinata, SE.,MSM dalam arahannya mengatakan, bahwa uji baca Al-Quran Ini merupakan sejarah baru di Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, karena dalam pelaksanaan tahapan penjaringan calon Tuha Peut, sudah disesuaikan dengan Qanun Nomor 6 Tahun 2018 Kabupaten Bireuen, tentang Pemerintahan Gampong.

"Proses untuk melahirkan calon Tuha Peut ini adalah melalui mekanisme rapat masing-masing duson, yaitu Duson Tunong, Duson Teungoh dan Duson Baroh," kata pria yang juga berprofesi dosen ini.

Tambah Denny, Saat ini sudah ada 12 orang calon Tuha Peut yang merupakan empat orang perwakilan masing-masing duson, "nantinya akan dipilih oleh masyarakat menjadi sembilan orang," pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Camat Peusangan Ibrahim, S.Sos melalui Kasie Pemerintahan Rahmadsyah Harahap, S.Sos mengatakan, uji baca Al-Qur'an untuk calon Tuha Peut merupakan suatu keharusan sesuai Qanun Kabupaten Bireuen.

"Proses pemilihan Tuha Peut kali ini tentu berbeda dengan sebelumnya, sekarang sudah diatur dan dituangkan dalam aturan," terang Rahmadsyah.

Tambah Rahmadsyah, Tuha Peut merupakan lembaga legislatif, yang mempunyai fungsi pengawasan anggaran. 

"Jadi sama dengan DPR-nya Gampong. Jadi gampong adalah miniatur negara," terangnya.

Menurut Rahmadsyah, Tuha Peut merupakan perwakilan masyarakat, yang dalam hal ini mewakili dusun masing-masing, berdasarkan unsur-unsur yang telah ditentukan, yang nantinya akan berperan sesuai dengan unsurnya masing-masing.

"Calon Tuha Peut ini akan dipilih oleh masyarakat, seperti memilih DPR, akan ditetapkan sesuai dengan jumlah penduduk," pungkas Rahmadsyah.

Pantauan media ini, kegiatan uji baca Al-Quran tersebut dipandu oleh Pj. Imum Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Meunasah Dayah Tgk. Saifani.

Hadir dalam kegiatan itu unsur pemerintahan gampong, unsur pemerintahan Kecamatan Peusangan, Pendamping Desa, dan masyarakat Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah.

Hadir juga seluruh calon Tuha Peut Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, yaitu A. Rani Saleh, Sudirman, Muliyadi, SP, MSM, Nurasiah yang merupakan perwakilan dari Duson Tunong.

Selanjutnya perwakilan dari Duson Teungoh yaitu, H. RazaliIsmail, SE, Drs. M. Nasir, M. Pd, Nourwein Faisal, dan Hj. Hasrawsti, S.Pd.

Sedangkan perwakilan dari Duson Baroh Tarmihim, S.Pd, Drs. Iriandani, Rizal Zulmi, S.Pd dan Fitria Rahmah, S. Kom. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Calon Tuha Peut Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Diuji Kemampuan Baca Al-Quran

Terkini

Topik Populer

Iklan