Iklan

terkini

Dosen Umuslim Assesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri Simpang Mamplam Bireuen

Redaksi
Jumat, Maret 10, 2023, 16:49 WIB Last Updated 2023-03-10T09:50:14Z
Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Simpang Mamplam Bireuen (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Dosen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen, Ajmir Akmal, SP.,M.Si menjadi tim Assesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Simpang Mamplam Bireuen, yang dilaksanakan selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu,  7-8 Maret 2023 lalu.

SMK N 1 Simpang Mamplam merupakan salah satu sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Kabupaten Bireuen, yang  membekali siswa dan siswinya dalam mengikuti UKK khususnya pada Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura dan beberapa jurusan lainya.

Menurut Ajmir Akmal pada media ini Jumat, (10/03/2023) UKK merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan di SMK, untuk mempersiapkan siswa dan siswinya menjadi lulusan yang siap bersaing di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

"Dalam UKK ini, keahlian yang akan diuji adalah penugasan perorangan dalam penyiapan lahan produksi tanaman pangan dan hortikultura, nantinya asessor akan memberikan penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang siswa dan siswi miliki. Lulusan SMK diharapkan mampu menjadi lulusan yang mempunyai kelebihan skill secara mandiri," kata Ajmir Akmal.

Tambahnya, hal ini karena tingginya persaingan, penyerapan tenaga kerja, mengharuskan lulusan SMK  wajib memiliki keahlian dengan standar kompetensi nasional sebagai bukti telah mampu menguasai suatu bidang ilmu yang dipelajari.

Menurut Ajmir Akmal, Fakultas Pertanian Umuslim dalam pelaksanaan UKK ini juga merupakan bentuk dukungan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya SMK yang ada di Aceh.

"Selain itu, siswa juga akan memperoleh manfaat dari UKK sebagai pencapaian kompetensi, serta proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditempuh," jelasnya.

Menurut Ajmir Akmal, dalam UKK ini juga ada asessor dari internal sekolah, pada kesempatan ini yang menjadi aksesor internal di Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah Yuni Riawani, SP. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Umuslim Assesor Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri Simpang Mamplam Bireuen

Terkini

Topik Populer

Iklan