Iklan

terkini

Terkait SE Live Musik, Tim Pemkab Bireuen Sambangi Langsung Pemilik Cafe

Redaksi
Senin, Februari 27, 2023, 15:20 WIB Last Updated 2023-02-27T08:24:59Z
Dinas terkait turun langsung  melaksanakan sosialisasi larangan menggelar live musik ke beberapa cafe di jalan elak Bireuen-Peusangan (Foto/Ist)

Bireuen - Pasca terbitnya Surat Edaran (SE) Bupati Bireuen nomor 451/199/2023 tentang larangan live musik dalam Kabupaten Bireuen, beberapa dinas terkait turun langsung  melaksanakan sosialisasi ke beberapa cafe di jalan elak Bireuen-Peusangan pada Minggu malam (26/02/2023).

Kegiatan sosialisasi sekaligus sidak live musik dipimpin langsung oleh Kadis Syariat Islam Anwar, S.Ag, M.A.P dan Kepala  Satpol PP dan WH Chaidir, SE. Ikut juga Sekretaris MPU, Keuchik Gampong Cot Gapu M.Nasir, dan beberapa tokoh masyarakat seputaran Kota Bireuen serta personil Satpol PP dan WH juga beberapa pegawai Dinas Syariat Islam. 

Informasi yang disampaikan Kadis SI Bireuen Anwar pada media ini Senin, (27/02/2023) menyebutkan, rombongan tim dari Pemkab Bireuen sekitar 30 personil tiba di lokasi pukul 22,15 wib dengan menumpang empat unit kenderaan roda empat. 

"Kehadiran personil Satpol PP dan WH dengan pakaian dan atribut operasi lapangam jadi menarik perhatian  pengunjung cafe. Beberapa penikmat kopi malam sempat panik melihat pergerakan personil yang tidak biasa di malam hari," tutur Anwar.

lanjut Kadis SI Kabupaten Bireuen yang didampingi kepala bidang dan beberapa staf, pihaknya malam itu menggunakan rompi warna hijau bertuliskan Tenaga Kader Dakwah (TKD) Kabupaten Bireuen, diikuti Kasatpol PP-WH dan Keuchik Cot Gapu serta beberapa tokoh masyarakat melangkah masuk dari satu cafe ke cafe yang lain. 

"Sidak dilakukan mulai dari cafe di ujung barat dengan jalan kaki sampai cafe terakhir di ujung timur sampai pukul 00.20 wib. Sementara personil Satpol PP dan WH mengikuti dari belakang," ujar pria yang biasa Cek Wan ini.

Wartawan media ini mendapatkan informasi dari Kadis SI yang akrab disapa Cek Wan seputar kegiatan dadakan di malam hari tersebut. Menurut Cek Wan yang akrab dengan semua awak media di Bireuen, bahwa kegiatan yang sedang dilaksanakan yaitu sosialisasi SE  Bupati Bireuen terkait larangan live musik dalam Kabupaten Bireuen langsung menemui pemilik cafe.

"Kegiatan kolaborasi antar dinas terkait seperti ini akan terus kita laksanakan, guna menurunkan tensi pelanggaran Syariat Islam yang berlangsung di tempat terbuka seperti cafe. Pertumbuhan cafe akhir-akhir ini di Kabupaten Bireuen semakin marak. Dalam Kota Bireuen saja ada 28 cafe, dilihat dari sektor  pertumbuhan ekonomi hal ini cukup positif, tapi jangan terlalu bebas sampai melanggar Syariat Islam dan ketidak myamanan masyarakat sekitar," sebut Anwar.

"Akhir-akhir ini banyak sekali laporan masyarakat baik yang disampaikan melalui kami maupun di sampaikan langgsung ke Pj.Bupati Bireuen Aulia Sofyan. Laporan dimaksud ada yang melanggar Syariat Islam seperti judi online, live musik dan banyaknya pelanggan cafe yang bukan muhrim sampai larut malam. Ada juga yang mengganggu kenyamanan masyarakat lingkunga karena letak cafe hampir semunya dalam kawasan perkampungan masyarakat," tambah Anwar.

Hal senada diungkapkan Keuchik Cot Gapu M.Nasir. Dia  mengeluhkan suara musik di cafe dengan volume tinggi  sampai larut malam sangat mengganggu kenyamanan istirahat masyarakat.

"Kasihan orang tua, anak sekolah, balai pengajian dan kegiatan pengajian di masjid sangat terganggu," katanya.

Keuchik Cot Gapu yang datang bersama rombongan dari Pemkab Bireuen sangat berharap kepada pemilik cafe agar menghentikan semua kegiatan musik di coffee.

"Tolonglah bapak dan ibu pemilik cafe, kami tidak melarang saudara untuk mencari nafkah di desa kami, tapi tolong jangan menghidupkan musik dengan volume tinggi, serta jaga kearifan lokal gampong yang islami," pungkasnya.

Pantauan awak media ini tim sosialisasi Pemkab Bireuen melakasanakan kegiatan sangat kondusif, menjumpai langsung pemilik cafe dan duduk terpisah pada meja yang masih kosong, tidak menggunakan pengeras suara, tidak mengganggu pelanggan cafe lain. 

Kadis Syariat Islam dan Kasatpol PP-WH mengedukasi langsung kepada pemilik cafe. Suasan keakraban terlihat  antara tim dan pemilik cafe. Beberapa poin penting terkait dengan live musik disepakati untuk dilaksanakan oleh pemilik cafe. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terkait SE Live Musik, Tim Pemkab Bireuen Sambangi Langsung Pemilik Cafe

Terkini

Topik Populer

Iklan