Iklan

terkini

Mahasiswa KKM Umuslim Edukasi Pelabelan Produk “Emping Melinjo” Menggunakan Media Canva

Redaksi
Selasa, Februari 21, 2023, 20:44 WIB Last Updated 2023-02-21T13:45:20Z
Mahasiswa KKM Universitas Almuslim yang mengedukasi  Pelabelan produk “Emping Melinjo” menggunakan media Canva  (Foto/Zulkifli)

Pidie Jaya - Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang sedang melaksankan pengabdian Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Meunasah Kumbang, Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya melaksanakan  sosialisasi dan eduaksi kepada masyarakat pelaku UMKM untuk menerapkan pembuatan label menggunakan media canva pada produk Emping Melinjo.

Media Canva merupakan aplikasi desain online yang didalamnya terdapat berbagai desain poster, grafik, brosur, presentasi, logo, video, sampul buku dan lainnya. 

"Mahasiswa KKM memberikan informasi kepada masyarakat  membuat label menggunakan media canva sangat mudah, hanya mempersiapkan sebuah handphone/komputer/laptop yang terhubung jaringan internet, kemudian download aplikasi canva melalui Google Playstore, lalu memilih template label sesuai yang diinginkan, telusuri berbagai fitur, beri sentuhan pada label anda sekreatif mungkin, yang terakhir label sudah dapat diunduh atau dicetak,” jelas Atiqa Lauza Prodi Ekonomi Pembangunan didampingi  Ridwan dari Prodi Teknologi Industri Pertanian, fakultas pertanian Universitas Almuslim.

Tambah Atiqah, pembuatan label menggunakan media Canva pada produk Emping Melinjo bagi masyarakat Gampong Meunasah Kumbang tidak begitu sulit karena daerah tersebut  memiliki akses jaringan internet mudah.

"Pembuatan label lebih hemat biaya dikarenakan mereka mampu melakukannya sendiri dengan menggunakan media Canva,” kata Atiqa selaku Mahasiswa KKM yang ikut terlibat bersama teman kelompoknya Ulia Ariza, dan Ridwan.

“Diharapkan kepada masyarakat UMKM Emping Melinjo untuk lebih kreatif dan berkembang dengan menggunakan teknologi melalui pembuatan label yang menggunakan media canva. 
Harapan kami semoga pendampingan pembuatan label ini dapat bermanfaat untuk menunjang kemasan dan label yang lebih menarik sehingga meningkatkan penjualan,” harap Vina Fitria mahasiswi  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Masyarakat Meunasah Kumbang sebagian besar mata pencahariannya membuat Emping Melinjo. Hal ini diungkapkan Halimatussakdiah salah seorang masyarakat desa  Meunasah Kumbang, Kecamatan Ulim.

“Melihat keadaan tersebut mahasiswa KKM,  melakukan sosialisasi membantu pelaku UMKM pembuatan label dan mengembangkan usaha produknya, sehingga dapat mudah menjangkau pasaran yang lebih luas hingga ke luar kota," katanya.

Adapun mahasiswa yang KKM di desa tersebut  Ulia Ariza Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Atiqa Lauza Prodi Ekonomi Pembangunan, Vina Fitria mahasiswi  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ridwan dari Prodi Teknologi Industri Pertanian. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa KKM Umuslim Edukasi Pelabelan Produk “Emping Melinjo” Menggunakan Media Canva

Terkini

Topik Populer

Iklan