Iklan

terkini

Menangkan Hibah PKM, Dosen JTE-PNL Dampingi Industri Rumah Tangga untuk Memperbaiki Aspek produksi, Quality Control dan Pemasaran

Redaksi
Senin, Desember 05, 2022, 14:30 WIB Last Updated 2022-12-05T07:30:08Z
Penyerahan mesin Sentrifugasi berbasis kontrol PID oleh Dr. Rahmawati, S.ST.,M.T dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe kepada IRT VCO-COCOK Lhokseumawe (Foto/Ist)
  
Lhokseumawe - Dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTE-PNL) berhasil menang Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) untuk Tahun Anggaran 2022.  Hal ini diungkapkan Dr. Rahmawati, S.ST., M.T Ketua Pelaksana PIM pada media ini Senin, (05/12/2022).

"Tahun ini kegiatan PIM dilakukan untuk mendampingi IRT VCO-COCOK dalam memperbaiki aspek bidang produksi, quality control dan pemasaran," tutur Rahmawati, yang merupakan dosen senior di JTE-PNL.

“Implementasi mesin sentrifugal berbasis kontrol PID mengurangi capaian overshoot dan kesalahan keadaan tunak pada respon waktu kecepatan sentrifugasi. Selain itu kebutuhan waktu proses produksi semakin singkat sehingga dapat meningkatkan produksi 2 kali lipat per 24 jam proses,” tambah Rahmawati. 

Kehadiran dosen PNL ini tentu disambut positif pelaku usaha Zaina pemilik IRT VCO-COCOK. Ia mengakui setelah dibina oleh dosen PNL, bahwa hasil produksi VCO meningkat.

"Alhamdulillah kehadiran team penerapan iptek PNL sangat membantu usaha VCO kami menjadi lebih baik, kami sangat termotivasi untuk mengembangkan teknologi IRT yang mampu meningkatkan produksi. Kami sudah dibantu pengujian analisis mutu VCO berstandar SNI 7381-2008 dan penerapan WhatsApp Business"  ungkap Zaina dengan nada haru.

"Semoga apa yang dilakukan Ibu Rahmawati dan team dapat dilanjutkan untuk mendampingi pelaku-pelaku usaha lainnya yang ada di Kota Lhokseumawe," ujar Usman ketika dihubungi secara terpisah setelah proses penyerahan alat tersebut.

Usman yang merupakan dosen Jurusan Teknik Mesin PNL yang merupakan Doktor lulusan Taiwan ini berharap IRT terus menjaga kualitas produksinya.

"Untuk IRT VCO-COCOK terus semangat untuk menjaga kualitas produknya dan berusaha keras untuk meningkatkan pemasarannya," pesan Usman yang merupakan putera Blang Jruen Aceh Utara ini.

Usman menambahkan, kegiatan Penerapan Iptek Masyarakat ini dibantu oleh Eka Kurniasih, M.T dan Indrawati, M.T sebagai anggota pelaksana PIM dan juga melibatkan mahasiswa JTE, JTK dan JTI sebagai pelaksana pembantu. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menangkan Hibah PKM, Dosen JTE-PNL Dampingi Industri Rumah Tangga untuk Memperbaiki Aspek produksi, Quality Control dan Pemasaran

Terkini

Topik Populer

Iklan