Iklan

terkini

Pj. Bupati Aceh Singkil Jawab Hak Interplasi DPRK, Satu Jari Dorong Gunakan Hak Angket

Redaksi
Rabu, November 16, 2022, 08:49 WIB Last Updated 2022-11-16T01:49:13Z
Ketua Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh Singkil (Satu Jari Aceh Singkil) Razalirdi Manaik (Foto/ Khairi)

Aceh Singkil - Hak interplasi yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil kepada Pj. Bupati Martunis telah berlangsung dalam Sidang Paripurna DPRK,  Senin, 14 Nopember 2022 lalu. Demikian amatan Lembaga Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh Singkil (Satu Jari Aceh Singkil), hal ini diungkapkan Razalirdi Manaik, Dalam rilisnya kepada juangnews.com. Rabu, (16/11/2022).

Dalam sidang paripurna tersebut para wakil rakyat Aceh Singkil ini melontarkan berbagai pertanyaan soal keterlambatan Kepala Daerah menyampaikan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023. 

Untuk diketahui, Rancangan KUA PPAS baru lengkap diserahkan Kepala Daerah kepada DPRK pada hari Senin. Diperkirakan pembahasan Rancangan KUA PPAS ini tidak cukup waktu untuk membahasnya. 

Semua pertanyaan anggota dewan tersebut telah ditanggapi oleh Pj. Bupati Marthunis dengan cerita soal “Pohon Kinerja”. Pohon Kinerja ini menurut Pj. Bupati adalah alat sistem kerja manajemen ASN sejenis informasi birokrasi. Artinya, Pohon Kinerja merupakan satu alat untuk mengalokasikan kegiatan tujuan apa yang dibangun. 

Jawaban Marthunis ini tampaknya tidak memuaskan para wakil rakyat Aceh Singkil tersebut, sehingga atas usulan hampir seluruh anggota dewan, akhirnya sidang paripurna diskor oleh H. Amaliun selaku pimpinan rapat. Kelanjutannya akan ditentukan pada rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRK dalam waktu yang tidak ditentukan.

Jawaban Pj. Bupati atasi Pertanyaan anggota dewan  pada sidang paripurna tersebut mendapat tanggapan keras dari Ketua Satu Jaringan Aspirasi Rakyat (Satu Jari) Aceh Singkil, Razaliardi Manik lagi,

Menurutnya, jika dewan tidak merasa puas dengan jawaban Pj. Bupati, maka sebaiknya ditolak saja. Dewan katanya bisa melanjutkan ke Hak Angket dengan melakukan penyelidikan.

Dengan mempergunakan Hak Angket, sebut Razaliardi, dewan langsung bisa melakukan penyelidikan. Apakah terdapat indikasi pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan oleh Pj. Bupati.

“Kelihatannya dewan tidak puas dengan jawaban Pj. Bupati. Saya dan teman-teman akan dorong agar dewan mempergunakan Hak Angketnya. Sebab ada indikasi Pj. Bupati Marthunis diduga sengaja memperlambat penyerahan Rancangan KUA PPAS dan Rancangan Qanun APBK Tahun Anggaran 2023”, katanya.

Razaliardi beralasan, Pj. Bupati mustahil tidak tahu batas penyerahan Rancangan KUA PPAS dan Rancangan APBK Tahun Anggaran 2023. Apa lagi Marthunis dilantik menjadi Pj. Bupati pada bulan Juli 2022. Waktu untuk beliau, katanya, cukup panjang merumuskan itu.

Jika ternyata Marthunis sengaja memperlambat  penyerahan  Rancangan KUA PPAS dan Rancangan Qanun APBK Tahun Anggaran 2023 dengan maksud agar tidak sempat dibahas oleh dewan, maka itu berarti sebut Razaliardi, Pj. Bupati tidak melaksanakan kewajibannya menaati peraturan perundang-undangan, dalam hal ini Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 84 tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023.

Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan bahwa kewajiban Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah salah satunya menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan.  

Dalam pasal 67 jelas Razaliardi, disebutkan Kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah meliputi, memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menaati seluruh ketentuan peraturan perundang undangan. 

“Menurut hemat saya, yang dimaksud dengan menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan, tentu termasuk didalamnya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 84 tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023”, pungkasnya. 

Razaliardi menjelaskan, kalau seorang kepala daerah dinyatakan tidak melaksanakan kewajiban, maka kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 67 huruf b, itu berarti dapat dikenakan Pasal 78 (1).
Pasal 78 (1) Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah berhenti karena: a. meninggal dunia;  b. permintaan sendiri; atau c. diberhentikan. (2) Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c karena: 
a. berakhir masa jabatannya;  b. tidak dapat melaksanakan tugas secara berkelanjutan atau berhalangan tetap secara berturut-turut selama 6 (enam) bulan; c. dinyatakan melanggar sumpah/janji jabatan kepala daerah/wakil kepala daerah; d. tidak melaksanakan kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 67 huruf b.
Persoalannya sekarang adalah kemauan DPRK Aceh Singkil.

"Apa mereka (Dewan-Red) mau melanjutkan persoalan tersebut dengan mempergunakan Hak Angket yang dimiliki, atau cukup sampai di Hak Iterplasi dengan jawaban yang tidak memuaskan dari Pj. Bupati itu?" Ujarnya bertanya.

“Jika itu yang terjadi, maka tamatlah riwayatmu kawan, kerena rakyat di Pemilu 2024 tidak tidak akan memilihmu lagi. Rayat menduga penggunaan Hak Iterplasi hanya dijadikan sebagai posisi tawar menawar dalam kepentingan tertentu," tandasnya. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Aceh Singkil Jawab Hak Interplasi DPRK, Satu Jari Dorong Gunakan Hak Angket

Terkini

Topik Populer

Iklan