Iklan

terkini

KIP Bireuen Lakukan Sosialiasi Pemilu Tahun 2024 Untuk Pemilih Pemula

Redaksi
Selasa, Oktober 04, 2022, 20:38 WIB Last Updated 2022-10-04T13:38:53Z
KIP Bireuen sedang melakukan Sosialiasi Pemilu Tahun 2024 untuk pemilih pemula (Foto/Ist)

Bireuen -  Dalam rangka pendidikan kepemiluan bagi pemilih pemula, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen melakukan sosialisasi kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kabupaten Bireuen, Selasa (04/10/2022).

Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan sejak 13 September 2022 lalu, dengan sasaran sosialisasi adalah siswa-siswi kelas XII SMA sebagai calon pemilih pemula pada pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan Ketua KIP Kabupaten Bireuen, Agusni, SP.,M.Si saat menjadi pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pendidikan dan Pemilih Pemula Menuju Pemilihan Umum Serentak tahun 2024 yang digelar di SMA Negeri 1 Bireuen.

“Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan di sekolah ini saja, tetapi juga akan dilaksanakan secara menyebar ke seluruh sekolah tingkat menengah atas yang ada ditingkat kecamatan di wilayah Kabupaten Bireuen,” ujar Agusni.

Kemudian Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat (Humas), Amiruddin, SE menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan terkait apa itu Pemilu, untuk apa Pemilu dilaksanakan, dasar hukum Pemilu, azas-azas penyelenggaraan Pemilu dan prinsip-prinsip penyelenggara Pemilu, siapa saja peserta Pemilu, kategori mana yang akan dipilih dalam pemilihan umum serta menekankan persyaratan menjadi pemilih dan prosedur menjadi pemilih. 

"Hajatan politik menjadi momentum bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya, baik untuk DPR, kepala daerah, maupun presiden. Kaum muda yang juga akan terlibat di dalamnya diharapkan untuk turut mengambil peran  dalam menjaga dinamika Pemilu," ujar Amiruddin yang juga mantan wartawan ini. [Hamdani]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KIP Bireuen Lakukan Sosialiasi Pemilu Tahun 2024 Untuk Pemilih Pemula

Terkini

Topik Populer

Iklan