Iklan

terkini

Kajur TN-PNL Jadi Pemateri Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMKN 3 Takengon

Redaksi
Kamis, Oktober 20, 2022, 11:08 WIB Last Updated 2022-10-20T04:10:59Z
Ketua Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe Zulkarnaini, SE.,M.Si.Ak.CA  saat menjadi pemateri Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMKN 3 Takengon (Foto/Hamdani)

Aceh Tengah - Ketua Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTN-PNL) Zulkarnaini, SE.,M.Si.Ak.CA menjadi pemateri Sosialisasi dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMK Negeri 3 Takengon pada Kamis, (20/10/2022).

Dalam pemaparannya Zulkarnaini yang akrab disapa Joel Seleb yang pernah mengikuti pendidikan singkat di Canada ini, mengatakan dalam revolusi digital harus merubah mindset. Pengguna handphone dan internet semakin tinggi di Indonesia.

"Jumlah pengguna handphone dan pengguna internet semakin meningkat  Ini adalah peluang dalam wirausaha, oleh sebab itu, kita semua harus merubah mindset," kata pria yang pernah jadi guru bahasa Inggris di Top Language School di Korea Selatan pada tahun 2000.

Lanjut Joel Seleb, perubahan terus terjadi, ke depan pasti akan merasakan sesuatu yang luar biasa, mungkin ke depan manusia harus bisa beradaptasi dengan teknologi.

"Manusia harus bisa beradaptasi dengan teknologi," ujarnya.

Joel Seleb juga menjelaskan tentang entrepreneurship. Menurutnya adalah merupakan suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi untuk memecahkan dan mencari peluang. 

"Maka kalau tak bisa berinovasi dan kreatif tak akan terbuka peluang dalam berwirausaha," pungkas Joel Seleb.

Sebelumnya dalam sambutan Kepala SMKN 3 Takengon, Sriwaluyo, M.Pd yang diwakili Kepala Bagian Humas, Rismahadi, ST menyebutkan bahwa jumlah peserta kegiatan adalah 27 orang.

"Kegiatan hari ini diikuti 27 orang guru, harapan kami, mudah-mudahan ilmu ini bisa berguna kepada kami," katanya.

Selanjutnya Drs. Timbul Suroso, yang merupakan pengawas pembina SMK dalam sambutannya mengatakan supaya setiap kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) yang saat ini sedang dijalankan di SMKN 3 Takengon jangan sampai menganggu kegiatan belajar mengajar.

"Kita tahu bersama SMK-PK adalah SMK yang unggul dan terpilih. Di Aceh tengah, ada 3 SMK-PK. Harapannya walau kegiatan SMK-PK sangat padat dan menyibukkan tapi kegiatan belajar mengajar juga jangan dilupakan," pesannya.

kepada peserta Timbul Suroso juga mengingatkan semua peserta harus fokus mengikuti kegiatan.

"Semua diharapkan fokus dalam mengikuti kegiatan ini, karena yang terpenting adalah implementasi di lapangan, untuk anak-anak kita," pesannya.

"Workshop kita hari ini merupakan suatu hal yang sangat penting, apalagi buat anak-anak kita di SMK," lanjutnya.

Timbul Suroso juga menyinggung tentang pengguna internet dengan populasi yang sangat banyak dan terus meningkat, menurutnya ini merupakan suatu peluang dalam memanfaatkan peluang berwirausaha yang berbasis digital marketing.

"Maka dari itu, jiwa euntrepeneur perlu dibangun pada anak-anak SMK. Sehingga nanti ketika tamat, mereka mampu berwirausaha. Semoga workshop ini bisa memberikan motivasi dan inovasi buat anak-anak SMKN 3 Takengon," pungkasnya.

Sekedar informasi SMKN 3 Takengon adalah salah satu SMK di Aceh yang memenangkan Program SMK-PK dari kementerian. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kajur TN-PNL Jadi Pemateri Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMKN 3 Takengon

Terkini

Topik Populer

Iklan