Iklan

terkini

Dosen JTM-PNL Jadi Pemateri di Unimal, Terkait Pengembangan Pendidikan Vokasi

Redaksi
Kamis, Oktober 20, 2022, 14:35 WIB Last Updated 2022-10-20T07:46:18Z
Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe saat menjadi pemateri di Unimal, terkait Pengembangan Pendidikan Vokasi 

Lhokseumawe - Dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTM+PNL) Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc menjadi salah seorang pemateri Seminar Vokasi,  yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh (PVTM FKIP-Unimal), yang dilaksanakan pada Kamis, (20/10/2022).

Selain Azwar, seminar yang bertajuk "Pengembangan Pendidikan Vokasi dalam Menghadapi  Era Revolusi Industri 4.0" juga menghadirkan Supriariadi, S.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Kota Lhokseumawe sebagai pemateri. 

Informasi yang diterima media ini dari panitia kegiatan Faizar Rianda menyebutkan, bahwa moderator dalam kegiatan ini adalah Teuku Martunis, S.Pd yang merupakan guru Teknik Otomotif SMKN 4 Lhokseumawe yang juga merupakan alumni PVTM-Unimal.

Dalam penyajian materinya, Azwar yang lulusan magister di salah satu universitas terkemuka di Belanda ini menyampaikan bahwa pendidikan vokasi ditandai dengan perbedaan pendekatan dalam proses pembelajaran yang lebih dominan praktik dibandingkan teori, hingga lulusannya itu siap untuk bekerja. 

"Program link and match dengan industri dan menerapkan pembelajaran berbasis project rill dari industri adalah salah satu penciri pendidikan vokasi hingga lulusannya sangat siap untuk menghadapi era revolusi industri 4.0," kata Azwar yang juga Koordinator Urusan Internasional dan DUDI PNL ini.

Selanjutnya, pemateri dari Cabang Dinas PK Kota Lhokseumawe Supriariadi, menjelaskan bahwa pengembangan pendidikan vokasi harus mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0, hingga pembelajaran dan pola pikir pendidik dan anak didik harus menyesuaikan.

Sebelumnya, dalam sambutannya Kaprodi PVTM Dr. Abubakar, ST.,MT menyebutkan, bahwa prodi yang ia pimpin ini sudah berumur tujuh tahun dengan Akreditasi B.

"Adapun profil lulusan, saat ini banyak yang sudah menjadi guru di SMK. Juga mereka banyak yang menjadi tenaga ahli bidang teknik mesin, menjadi konsultan teknik dan menjadi wirausaha. Perlu analisa strategi yang baik dan kerja semua pihak untuk mencapai target," papar Abubakar dalam sambutannya.

Dekan FKIP Unimal Dr. Ir. Azhari, M.Sc.,IPM.,ASEAN. Eng sebagai Walcoming Speach dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan seminar yang tentu akan berdampak positif buat adik-adik mahasiswa, terutama dalam mengelola sebuah kegiatan dalam meningkatkan kompetensi manajerial. 

"Kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif untuk fakultas dalam mencapai target IKU terutama dalam menghasilkan mahasiswa yang berprestasi," ungkapnya.

"Butuh dukungan penuh dari semua pihak untuk mencapai akreditasi yang unggul. Civitas akademika harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan industri 4.0 yang mengharuskan pembelajaran berbasis IT dan penguasaan teknologi komunikasi," pungkasnya.

Peserta kegiatan itu terdiri dari mahasiswa Prodi PVTM, ormawa  Unimal, dari delegasi SMK yang terdiri dari 40 orang siswa dan 10 orang guru, dan dosen pengampuh mata kuliah di Prodie PVTM-Unimal. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen JTM-PNL Jadi Pemateri di Unimal, Terkait Pengembangan Pendidikan Vokasi

Terkini

Topik Populer

Iklan