Iklan

terkini

Jelang Sertifikasi Pendamping Desa, APMDN Kabupaten Bireuen Gelar Bimtek untuk Pendamping Lokal Desa.

Redaksi
Kamis, Oktober 20, 2022, 21:09 WIB Last Updated 2022-10-20T14:09:03Z
Sertifikasi Pendamping Desa, Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN), Kabupaten Bireuen gelar Bimtek untuk Pendamping Lokal Desa (Foto/Imran)

Bireuen - Jelang sertifikasi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Kabupaten Bireuen gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) sertifikasi,  Kamis (20/10/2022).

Bimtek Sertifikasi tersebut digelar di Gedung Ampoen Chiek Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang diikuti hampir semua  Pendamping Lokal Desa Bireuen. Bimtek tersebut diisi oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi Aceh dan TAPM Kabupaten Bireuen.

Di sela-sela giat tersebut Ketua APMDN  Kabupaten Bireuen yang juga Koorkab TPP Bireuen Fadly mengatakan, bimtek ini merupakan ikhtiar dari APMDN dalam menjembatani PLD untuk memperoleh status kompeten seperti amanat Permendes no.19 Tahun 2020  dan Kepmendes No 114 Tahun 2022 tentang sertifikasi.

"Terkait biaya dalam proses bimtek ini, merupakan swadaya dari peserta sendiri untuk membiayai kebutuhan dirinya, seperti makan, minum, fotocopy bahan simulasi dan sewa tempat," katanya.

Fadly juga menegaskan, pasca bimtek seluruh peserta  akan terus mendapatkan bimbingan dari narasumber sampai portofolionya siap di assesment oleh asesor.

Sementara itu, Zulhelmi, PLD Kecamatan Peusangan, Bireuen menyatakan sangat puas dengan pelaksanaan bimtek ini, dimana bisa mendapat penjelasan secara detil disertai bimbingan simulasi langsung oleh narasumber. 

"Bimtek detil seperti ini belum pernah kami dapatkan sebelumnya, sangat besar manfaat bagi kami," ujarnya.

Korprov Aceh, Zulfahmi Hasan mengatakan, seluruh TPP Aceh wajib kompeten sebagai syarat untuk dilanjutkan kontrak sebagai TPP di Kemendesa, maka untuk itu semua TPP harus serius dalam mempersiapkan diri berupa dokumen portofolio yang akan diuji kompetensinya oleh LSP.  [Imran]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Sertifikasi Pendamping Desa, APMDN Kabupaten Bireuen Gelar Bimtek untuk Pendamping Lokal Desa.

Terkini

Topik Populer

Iklan