Iklan

terkini

Guru Besar UI Jadi Pemateri Lokakarya Penyesuaian Kurikulum Fikom Umuslim

Redaksi
Selasa, Oktober 11, 2022, 14:55 WIB Last Updated 2022-10-11T07:55:53Z
Guru Besar Universita Indonesia Prof. Zainal A. Hasibuan, P.h.D saat menjadi pemateri pada  Lokakarya Penyesuaian Kurikulum Fikom Umuslim (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Prof.Zainal A. Hasibuan, Ph.D Guru Besar Fakuktas ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) juga  penasehat Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) menjadi pemateri pada lokakarya penyesuaian kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim (Fikom-Umuslim), kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel  di Bireuen Selasa, (11/10/2022).

Menurut Dekan Fikom Umuslim Riyadhul Fajri, SST.,M.Kom pada media ini, lokakarya dengan tema Pengembangan dan Penyesuaian Kurikulum Prodi Informatika mengacu pada kebijakan MBKM yang Inovatif, Adaptif dan Kolaboratif menuju Center of Excellence.

"Kegiatan dilaksanakan melalui hibah  Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendikbud Tahun 2022 pada Program Studi Informatika. Dalam program hibah ini, selain lokakarya juga  telah dilakukan  pertukaran mahasiswa, magang industri dan praktisi mengajar," jelas Riyadhul Fajri.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd yang diwakili Wakil rektor I Dr.Halus Satriawan, MSi dalam arahannya menyampaiakan  bahwa Umuslim adalah satu dari sedikit kampus yang memperoleh pendanaan hibah unggulan Kemendikbudristek,  baik on-going dan pendanaan baru. 

"Alhamdulillah Fikom Umuslim merupakan salah satu pemenang hibah program kompetisi kampus Merdeka tahun ini," ungkap Halus Satriawan.

Halus Satriawan, menyatakan  Umuslim berkomitmen untuk melaksanakan MBKM dan melakukan peningkatan kualitas pelaksanaan MBKM dengan melakukan evaluasi dan perubahan kurikulum.

"Berbagai masukan dari pemateri untuk peningkatan kualitas pelaksanaan MBKM dan penyusunan kurikulum Prodi Informatika akan menjadi masukan buat kami," ujar Halus Satriawan.

Pemateri Zainal A.Hasibuan,  dalam materinya menekankan agar kurikulum untuk selalu di upgrade sesuai perkembangan teknologi.

"Dewasa  ini perkembangan teknologi begitu dasyat, maka kampus harus berani mengupgrade kurikukum sesuai perkembangan. Kurikulum mesti harus dirubah (diupdate), karena teknologi terus berubah dengan dasyat" ujar guru besar Universitas Indonesia ini.

"Makanya sistem informasi yang terintegrasi dan menyesuaikan kurikulum sesuai MBKM," jelas ketua Majelis Amanat Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM Infokom)

Sementara itu, Ketua pelaksana Hibah PKKM Umuslim Dr. Najmuddin M.A menjelaskan program ISS (Institutional Support System) merupakan  program yang didesain untuk mengembangkan system informasi MBKM di institusi yang memperoleh pendanaan.

"Selain itu juga untuk memperluas dampak penerapan MBKM pada program studi non-penerima pendanaan hibah PKKM, serta meningkatkan jejaring kemitraan dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan MBKM," jelasnya.

"Lokakarya diharapkan bisa membantu fakultas Ilmu Komputer dalam menyusun kurikulum yang sesuai perkembangan zaman," pungkasnya.

Peserta lokakarya terdiri dari dosen, perwakilan mahasiswa, alumni Fikom, stakeholder baik dari Pemkab Bireuen, BUMN dan  swasta. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Guru Besar UI Jadi Pemateri Lokakarya Penyesuaian Kurikulum Fikom Umuslim

Terkini

Topik Populer

Iklan