Iklan

terkini

Dosen dan Mahasiswa Prodi Akuakultur Umuslim Ikuti Conference Internasional

Redaksi
Jumat, Oktober 28, 2022, 11:00 WIB Last Updated 2022-10-28T04:00:07Z
Conference Internasional yang diikuti dosen dan mahasiswa Universitas Almuslim (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Dua orang dosen dan tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (FP-Umuslim) Peusangan Bireuen mengikuti Conference Internasional, yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Rabu, (26/10/2022) lalu. 

Menurut Ketua Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian Umuslim Irfannur S. Kel, M.Si, pada.media ini Jumat, (28/10/2022) mengatakan, konferensi internasional itu mengangkat tema “Strengthening  research, Innovation, and Collaboration Towards BLue Transformation” (ICFAES) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) USK, yang dilaksankaan secara daring dan luring.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan inovasi dan gagasan terkait isu-isu dalam ilmu perikanan, perairan dan lingkungan, melibatkan mahasiswa, dosen, dan para peneliti dibidangnya," jelasnya. 

Lanjutnya, peserta dari Umuslim merupakan dosen dan mahasiswa Prodi Akuakultur menampilkan makalah hasil Penelitian PKM 2022 yakni Mona Fattya Anisha dengan judul “Erythrocyte nucleus abnormalities of Tilapia (Oreochromis Niloticus, Linnaeus 1758) exposed to palm oil mill effluent”. 

Kemudian Sithra Almunadiya, dengan judul makalah “Comparative anatomical study of gill fish of tor tambra, tor soro, and hampala macrolepidota as an environmental bioindicator”, 

Selanjutnya Arief Hidayat Zulkifli dengan judul makalah, yaitu, “Utilisation of palm oil mill effluent as growth media in budikdamber system”. 

Sedangkan dua dosen yakni Irfannur S. Kel, M.Si dengan judul makalah “Identification and  productivity of lobster catching (Panulirus spp) in Aceh Jaya”, dan Asmaul Husna S. Kel, M.Si; judul mkalah “Erythrocyte abnormalities of Tilapia (Oreochormis niloticus, Linnaeus 1758) exposed to palm oil mill effluent”.

"Mereka telah melakukan presentasi hasil penelitian bersama ratusan tim peneliti lain baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Selain mempresentasikan penelitian, agenda konferensi juga membahas isu-isu lingkungan serta teknologi-teknologi perikanan yang berkelanjutan. Adapun hasil dari penelitian yang telah di presentasikan paper akan di publikasikan ke jurnal ilmiah terindeks," jelas Irfannur.

Dekan Fakultas Pertanian (FP) Umuslim Dr. Elfiana, SP, M.Si mengapresiasi dan merasa bangga atas aktifnya mahasiswa dan dosen Prodi Akuakultur mengikuti kegiatan Conference International tersebut, harapannya semoga bermanfaat bagi peserta dan Umuslim secara umum. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen dan Mahasiswa Prodi Akuakultur Umuslim Ikuti Conference Internasional

Terkini

Topik Populer

Iklan