Iklan

terkini

Tim Pendamping SMK-PK PNL Lakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK di SMK Negeri 3 Takengon

Redaksi
Jumat, September 02, 2022, 13:51 WIB Last Updated 2022-09-02T11:37:10Z
Tim Pendamping SMK-PK dari Politeknik Negeri Lhokseumawe saat melakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK di SMK Negeri 3 Takengon (Foto/ Hamdani)

Aceh Tengah - Tim Pendamping Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) dari Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melakukan sosialisasi dan koordinasi pengembangan SMK-PK di SMK Negeri 3 Takengon pada Jumat, (02/09/2022).

Koordinator Pendamping SMK-PK PNLIr. Azwar Yunus, ST.,M.Sc di hadapan kepala sekolah dan dewan guru mengatakan, kehadiran pihaknya ke SMK Negeri 3 Takengon adalah sebagai pendamping SMK PK, yang ditugaskan oleh kementerian. 

"Kami akan menjadi mitra kerja bapak dan ibu di sini, supaya SMK 3 ini bisa menjadi sekolah rujukan di SMK sekitar sini," kata Azwar didampingi Syaifuddin, ST.,MT dan Dr. Irwin Syahri Cebro, ST.,M.Si yang merupakan Pendamping SMK-PK dari PNL.

Menurut Azwar, kalau SMK Negeri 3 Takengon mau menjadi rujukan, tentunya semua harus hebat-hebat, baik itu kurikulumnya, juga guru-gurunya.

"Jadi kemitraan yang dibentuk adalah kemitraan kakak adik. Antara kami Politeknik dengan SMK. Kita itu selaras dan seirama dalam sistem pendidikan vokasi di Indonesia. Kita coba hilangkan gap-gap," ujar dosen Jurusan Teknik Mesin PNL lulusan Belanda ini.

Azwar mengatakan, ruang lingkup pendampingan, adalah untuk mencoba meningkatkan potensi kerjasama dengan dunia kerja, juga pendampingan kepada balai atau balai besar untuk pengembangan penjaminan mutu.

'Kita juga perlu menyelaraskan antara kurikulum SMK Negeri 3 Takengon dengan mitra industri, maka untuk itu, apa yang diperlukan industri, maka itu yang akan kita ajarkan di sekolah," terang Azwar.

Azwar menambahkan, tujuan umum SMK-PK adalah untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan pusat peningkatan kualitas dan rujukan SMK lain.

Sedangkan tujuan khusus, SMK-PK adalah memperkuat kemitraan, antara Kemendikbud dan pemerintah daerah

"Juga untuk memperkuat kualitas SDM, memperkuat kompetensi ketrampilan non teknis (softskill) dan ketrampilan teknis (hard skill). Mewujudkan perencanaan yang berbasi data," rinci Azwar.

"Meningkatkan efesiensi dan mengurangi kompleksitas. Peningkatan sarana dan prasarana. Memperkuat kemitraan dan kerjasama antara Kemendikbud, SMK dan dunia kerja," lanjutnya 

Terakhir Azwar mengatakan, bawmhwa target SMK-PK adalah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja, keselarasan dan dunia kerja, keterserapan lulusan, dan menjadi pusat keunggulan.

Sebelumnya Kepala SMK Negeri 3 Takengon Sri Waliyo, S.Pd.,M.Pd memberikan atensi terhadap pendamping SMK-PK dari PNL yang mengunjungi sekolah yang ia pimpin hari ini.

"Selamat datang Tim Pendamping SMK-PK PNL di sekolah kami, mungkin ada banyak hal yang nanti akan disampaikan terkait dengan tahapan-tahapan Program SMK-PK," tuturnya.

Sri Waliyo berharap kehadiran Pendamping SMK-PK dari PNL dapat membantu sekolah yang ia pimpin terkait pengembangan program SMK-PK.

"Harapan kami kehadiran Pendamping SMK-PK dari PNL dapat membantu kami mengembangkan setiap program SMK-PK supaya maksimal," pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Pendamping SMK-PK PNL Lakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK di SMK Negeri 3 Takengon

Terkini

Topik Populer

Iklan