Iklan

terkini

Pengurus MAA Bireuen Bersilaturahmi dengan Civitas Akademika Umuslim

Redaksi
Jumat, September 16, 2022, 15:25 WIB Last Updated 2022-09-16T08:25:48Z
Pengurus MAA Bireuen bersilaturahmi dengan Civitas Akademika Umuslim (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Pengurus Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Bireuen Periode 2022-2027 mengadakan silaturahmi dan audensi dengan Civitas Akademika Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, bertempat di Ruang Rapat Ampon Chiek Peusangan, pada Kamis (15/09/2022) kemarin.

Kehadiran jajaran pengurus MAA Kabupaten Bireuen di Kampus Umuslim disambut Rektor Umuslim DR. Marwan, MPd beserta seluruh jajaran Wakil Rektor dan Dekan Fakultas lingkup Umuslim.

Pengurus MAA Bireuen dipimpin ketuanya Drs. Ridwan Khalid, dan sejumlah pengurus bidang lainnya, dalam pertemuan penuh kekeluargaan tersebut ia menyampaikan agenda pengurus MAA ke Umuslim, dalam rangka memperkenalkan pengurus MAA baru, mensosialisasi fungsi MAA, karena  masih bnyak masyarakat Aceh belum tahu  fungsi dan tugas MAA, sekaligus membangun kerjasama dengan akademisi dalam rangka  mensukseskan program kerja MAA ke depan.

Menurut mantan ketua DPRK Bireuen periode pertama 2000-2004 lalu, program kepengurusan MAA Bireuen ke depan, salah satunya ingin  menumbuhkan kembali adat - adat Aceh yang telah memudar. 

"Serta memunculkan kembali keuneubah endatu. Sehingga, adat dan adab Aceh  tetap bersemi di tanah Rencong Aceh, khususnya di Bireuen," ujar Ridwan Khalid.

Tambah Ridwan Khalid, mungkin lembaga pendidikan seperti Umuslim nantinya bisa memasukkan unsur atau materi adat istiadat dalam kurikulum kuliah di kampus atau materi  saat penerimaan mahasiswa baru.

“Kami ingin bersinergi dengan akademisi untuk melahirkan konsep dan metode, khususnya rencana dalam rangka melestarikan adat istiadat Aceh di kabupaten Bireuen yang semakin memudar,” ujar Ridwan Khalid.

Rektor Umuslim Marwan, pada kesempatan tersebut menyambut baik kehadiran pengurus MAA Bireuen ke Kampus Umuslim.

Menurutnya sebagai lembaga pendidikan yang berkewajiban melaksanakan Tri Dharmna Perguruan Tinggi, Umuslim siap dan menyambut baik serta sangat mendukung kerjasama dengan MAA dalam rangka  mengembalikan dan menumbuhkan kembali adat istiadat Aceh yang saat ini hampir hilang ditelan masa.

Menururt Marwan, untuk kerjasama perlu implementasi dalam bentuk kegiatan, apakah dalam bentuk seminar, diskusi ataupun dalam penerbitan buku bersama atau pengurusan HKI terhadap adat dan budaya Aceh yang masih banyak tidak terurus secara baik administrasinya.

Dalam silaturahmi tersebut  Ridwan Khalid, didampingi H. Yusri Abdullah, S.Sos, Ridwan Muhammad, SE., M.Si dan turut dihadiri sejumlah pengurus bidang lainnya, bidang hukum adat, bidang adat istiadat, bidang pengkajian, pendidikan, pengembangan adat, bidang pustaka adat, bidang putroe phang.

Sedangkan jajaran Umuslim Peusangan selain Rektor juga turut hadir wakil rektor, direktur pascasarjana, kepala biro, dekan dan sejumlah kaprodi baik program sarjana maupun lingkup pascasarjana. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengurus MAA Bireuen Bersilaturahmi dengan Civitas Akademika Umuslim

Terkini

Topik Populer

Iklan