Iklan

terkini

Kunjungi SMPN 5 Lhokseumawe, Dandim 0103/Aut Berikan Motivasi dan Wasbang Kepada Siswa.

Redaksi
Jumat, September 23, 2022, 19:32 WIB Last Updated 2022-09-23T12:32:41Z
Dandim 0103/Aut Letkol Inf. Hendrasari Nurhoni, S.I.P.,M.I.P saat memberikan motivasi dan wawasan kebangsaan (Foto/M. Jafar Peunteut)

Lhoksemawe - Dalam Rangka memberikan Materi Wawasan Kebangsaan, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P.,  kunjungi Para siswa di SMP Negeri 5 Lhokseumawe, pada Jumat, (23/09/2022).

Tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun karakter dan mengembangkan persatuan dan kesatuan pada siswa siswi di sekolah.

"Wawasan kebangsaan itu adalah bagaimana kita melihat Indonesia ini secara utuh dari Sabang sampai Merauke serta lingkungannya, dan lingkungan itu berupa kondisi geografi dan seluruh makhluk hidupnya serta kondisi sosial," kata Dandim.

Dikatakan bahwa pendidikan itu sebagai sarana untuk mencapai cita-cita, untuk mencapai cita-cita tersebut jadilah murid yang baik dengan rajin serta taat dalam kegiatan belajar baik itu di sekolah maupun di rumah.

"Kita melihat daripada para pemimpin bangsa kita ini mereka itu bukan berasal dari keluarga terpandang atau keluarga berada, namun dari keluarga yang biasa-biasa saja dan sederhana, tapi mereka berhasil menjadi orang sukses bahkan menjadi pemimpin bangsa ini. Oleh karena itu, jangan pernah merasa minder untuk meraih cita-cita tersebut," serunya.

"Mulai dari sekarang anak-anak harus memotivasi diri sendiri untuk kedepannya mulai dari hal-hal yang kecil seperti mentaati semua peraturan yang berlaku di sekolah, pesan-pesan guru ditaati dan rajin untuk belajar serta jangan pernah menyontek karena nyontek itu bukanlah nilai kalian melainkan nilai orang lain, lebih baik nilai kalian nol tetapi itu berasal dari kemampuan kalian sendiri," lanjut Dandim.

Selanjutnya Dandim memberikan contoh bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara itu seperti seorang Prajurit TNI. TNI tugas pokoknya melindungi segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan menegakkan kedaulatan negara.

"Sedangkan untuk para guru-guru ini tugasnya mengabdi kepada bangsa Indonesia ini melalui jalur pendidikan, membentuk anak-anak muda menjadi berguna dan tugas bagi anak-anak pelajar mengabdi kepada Negara ini dengan belajar yang rajin dan baik sehingga cita-cita kalian itu bisa tercapai dan dapat berguna bagi orang tua, agama dan Bangsa Indonesia ini," jelas Dandim.

Menurut Dandim, masa SMP ini adalah masa di mana anak-anak mulai membina, mengolah bakat yang dimiliki untuk mencapai tujuan kedepannya. Karena di SMP ini sebagai awal untuk meniti karir kedepannya. Apabila kalian ingin meraih cita-cita kalian maka kembangkan lah diri kalian sejak duduk di bangku SMP ini.

Berkaitan dengan cita-cita serta masa depan yang baik, Dandim menyampaikan bahwa bila ada yang bercita-cita ingin menjadi seorang Prajurit TNI AD perlu diketahui bahwa menjadi seorang tentara itu sumbernya banyak bisa masuk melalui Tamtama, Bintara ataupun Perwira.

"Oleh karena itu belajarlah yang rajin dan giat, tanamkanlah disiplin yang kuat pada sikap,mental dan perbuatan kalian, ketika itu telah terbentuk maka apa yang menjadi cita-cita kalian akan tercapai," pesan Dandim.

Disela-sela kegiatan Dandim juga memberikan kesempatan kepada beberapa murid untuk menjawab pertanyaan dari Dandim, dan barang siapa yang bisa menjawab diberikan hadiah sebagai motivasi kepada siswa yang lain untuk melatih mental dan berfikir berani menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Dandim 0103/Aut. [M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kunjungi SMPN 5 Lhokseumawe, Dandim 0103/Aut Berikan Motivasi dan Wasbang Kepada Siswa.

Terkini

Topik Populer

Iklan