Iklan

terkini

Motivasi Mahasiswa Baru, Dekan Fikom Umuslim: Mahasiswa Harus Mempunyai Kompetensi 4C

Redaksi
Selasa, Agustus 23, 2022, 17:41 WIB Last Updated 2022-08-23T10:41:16Z
Dekan Fikom Umuslim Riyadhul Fajri, S.ST. M.Kom saat memberi motivasi pada mahasiswa baru (Foto/Hamdani)

Bireuen - Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Riyadhul Fajri, S.ST, M.Kom menyemangati ratusan mahasiswa baru pada acara  Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Almuslim (Umuslim) Tahun Akademik 2022/2023 tingkat Fakultas, bertempat di ruang Creatif Center Gedung H.MA Jangka, Selasa (23/08/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan tingkat fakultas tersebur merupakan lanjutan dari kegiatan serupa tingkat universitas yang  dibuka Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd, Senin (22/08/2022) kemarin.

Kegiatan PPKMB yang bertemakan The next generation full of responsibility pada Fikom Umuslim dikuti 168 mahasiswa baru fakultas tersebut dengan rincian 60 laki-laki dan 108  perempuan.

Dalam sambutannya, Dekan Fikom mengucapkan selamat datang calon ahli ilmu komputer, di akhir era revolusi industri 4.0 saat ini, sebut Rijadhul Fajri, menjadi pribadi yang tech savvy sudah menjadi keharusan.

"Keahlian yang melek tentang ilmu computer dengan didasari teori, eksperimen, rekayasa, dan teknologi data makin menarik dipelajari karena dipercaya akan memberikan masa depan yang cerah sesuai tren kekinian," katanya.

Selain itu Rijadhul Fajri  juga menambahkan, apa yang disampaikan Rektor Umuslim pada acara pembukaan yang  mengharapkan mahasiswa lebih aktif dan kreatif.

"Karena paradigma baru pendidikan di Indonesia saat ini dengan dijalankannya konsep kurikulum pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," ungkapnya.

"Maka mahasiswa harus mempunyai kompetensi 4C. Yakni communication, collaboration, critical thinking, creativity and innovation.  Dengan kompetensi ini akan memudahkan  dan memvantu  keberhasilan adik-adik dalam studi”, ujar Rijadhul Fajri.

Selanjutnya Wakil Dekan Fikom Iqbal, MCS menyampaiakan visi misi Fikom Umuslim dan bagaimana mengikuti Program Kampus Merdeka.

Menururnya, belajar dari apa yang dilakukan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim,  telah membuka banyak lapangan kerja dalam penerapan ilmu computer. Sebut saja di Indonesia, inovasi teknologi seperti GO-JEK mampu menjadi pioneer dan diikuti dengan produk yang sama di tanah air, termasuk unicorn lainnya. Seperti Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

"Maka dari itu, saya berharap baik dosen dan mahasiswa terus menemukan kreativitas dan inovasi yang bisa dikomunikasikan dengan dunia kerja dan bisnis," ujarnya.

Kegiatan berlangsung satu hari juga turut dihadiri ka prodi dan sejumlah dosen lingkup Fikom Umuslim. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Motivasi Mahasiswa Baru, Dekan Fikom Umuslim: Mahasiswa Harus Mempunyai Kompetensi 4C

Terkini

Topik Populer

Iklan