Iklan

terkini

ACT Lhokseumawe Gencarkan Aksi Kemanusiaan Tingkat Lokal Hingga Global

Redaksi
Jumat, Juni 17, 2022, 20:44 WIB Last Updated 2022-06-17T13:44:36Z
ACT Lhokseumawe sedang melakukan aksi kemanusiaan (Foto/JuangNews)

Lhokseumawe – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Lhokseumawe siap menggencarkan beragam aksi kemanusiaan yang paling dibutuhkan masyarakat baik di tingkat lokal hingga global. Hal tersebut merupakan semangat sebagai persaudaraan muslim tanpa sekatan ruang dan waktu.

Kepala Cabang ACT Lhokseumawe Thariq Farline, pada media ini  menjelaskan sejak hadirnya cabang ACT di Lhokseumawe tahun 2020, ribuan aksi kemanusiaan sudah dilaksanakan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya pada awal terjadinya pandemi covid-19 melanda, ACT hingga sekarang masih mendistribusikan modal usaha kepada pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Banyak pemilik UMKM tidak bisa melakukan produksi usaha rumahan misalnya  tidak lagi memiliki modal usaha karena terpaksa digunakan untuk konsumsi,” ujarnya, Jumat, (17/06/2022).

Tharig menambahkan, ACT Lhokseumawe telah membangun sejumlah sumur wakaf ddi pesantren-pesantren yang mengalami kesulitan air bersih. Dilanjutkan pembagian santunan kepada guru honorer, para dai, paket pangan, paket pendidikan, daging qurban, dan beragam program lainnya.

“Program-program tersebut alhamdulillah bisa kami laksanakan berkat kepercayaan donatur dan keaktifan relawan MRI membantu menyalurkan bantuan,” terangnya.

Ia melanjutkan di tingkat global ACT Lhokseumawe telah menyalurkan bantuan dari masyarakat ke berbagai negara, salah satunya ke Palestina. Adapun sumbangan masyarakat untuk Palestina digunakan seperti pembangunan sumur wakaf dari masyarakat Langsa, pembangunan rumah wakaf dari masyarakat Aceh Utara, qurban dan layanan kesehatan dari masyarakat Aceh Tengah.

“Insya Allah, ambulans dari masyarakat Bireuen untuk Palestina akan terimplementasikan. Semua amanah program dari masyarakat dipastikan akan terimplementasikan,” tegasnya.

Area kerja ACT Lhokseumawe mencakup dari Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang. Pada Ramadhan 1443 H, ACT Lhokseumawe sudah menyalurkan paket iftar dari masyarakat kabupaten tersebut untuk rakyat Palestina. 

Aksi-aksi kemanusiaan ACT bisa dilihat di akun Instagram @act_lhokseumawe, facebook page Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe, dana kun youtube Aksi Cepat Tanggap. “Kami bertekad terus menggencarkan aksi-aksi kemanusiaan agar kehadiran kami bermanfaat luas kepada semua kalangan masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Program lainnya yang akan dilaksanakan yakni pendistribusi hewan qurban ke berbagai Kabupaten / Kota di Aceh. ACT Lhokseumawe membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berqurban dengan harga terjangkau, mudah, dan terdistribusikan tepat sasaran. [M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ACT Lhokseumawe Gencarkan Aksi Kemanusiaan Tingkat Lokal Hingga Global

Terkini

Topik Populer

Iklan