Iklan

terkini

Sambut 17 Ramadan, SMKN 1 Bener Meriah Lakukan Bedah Rumah Dhuafa

Redaksi
Selasa, April 19, 2022, 00:33 WIB Last Updated 2022-04-18T17:33:07Z
Kepala SMK Negeri 1 Bener Meriah Drs. Samsuddin bersama warga sekolah dan masyarakat melakukan bedah rumah warga dhuafa (Foto/Humas)

Bener Meriah - Dalam rangka mengisi kegiatan selama bulan suci Ramadan 1443 Hijriah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bener Meriah melaksanakan Kegiatan Bedah Rumah Kaum Dhuafa. Kegiatan ini dipimpin langsung kepala sekolah. Informasi ini disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Bener Meriah Drs. Samsuddin pada juangnews.com Senin, (18/04/2022).

“Menyambut 17 Ramadan  keluarga besar SMK Negeri 1 Bener Meriah melakukan bedah rumah kaum dhuafa, hal ini merupakan realisasi ibadah di bulan suci Ramadan sebagaimana yang diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama. Ketika itu beliau menjawab, sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan, sebagaimana hadist ini dirawikan H.R Al-Baihaqi," kata Samsuddin.

"Kegiatan bedah rumah warga dhuafa diharapkan dapat menjadi  pilot project, yang nantinya akan dapat memberikan konstribusi bagi masyarakat sebagai wujud kurikulum Aceh Edu Techno Prener Islami yang di terapkan di SMK Negeri 1 Bener Meriah,” lanjutnya.

Menurut Samsuddin, kegiatan bedah rumah di Bulan Ramadan tahun ini diperuntukan bagi siswa SMK Negeri 1 Bener Meriah yang tergolong tidak mampu dan rumahnya tidak layak huni. 

"Hal ini agar keluarga besar SMK Negeri 1 Bener Meriah memiliki rasa kepedulian terhadap warga sekolahnya untuk saling berbagi. Kegiatan Bedah rumah melibatkan seluruh warga sekolah dengan memanfaatkan salah satu Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan sebagai tim pelaksanaan bedah rumah,” ungkap Samsuddin.

Tambah, Samsuddin, sebagai bagian dari SMK Pusat Keunggulan maka SMK Negeri 1 Bener Meriah harus dapat mengambil peran besar dalam bidang peningkatan kompetensi lulusan dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh peserta didiknya untuk dapat terjun ke masyarakat sebagai wujud proses pembelajaran berbasis Project Based Learning yang nantinya dapat memberikan out come terhadap masyarakat luas.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana sekaligus Waka Humas SMK Negeri 1 Bener Meriah, Rahayu Sehat Widodo, S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan program unggulan di bulan suci Ramadan yang direncanakan oleh seluruh warga sekolah jauh sebelum Ramadan dengan menggalang donasi dari warga sekolah.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada 16 Ramadan. Penerimah program bantuan bedah rumah tahun ini adalah diperuntukan untuk siswa SMK Negeri 1 Bener Meriah yang kurang mampu dan rumahnya tidak layak untuk ditempati," terang Widodo.

"Dari 10 siswa yang diajukan oleh bapak ibu guru pada tahap pertama ini terpilih satu siswa atas nama Mulya Dharma kelas XI Teknik Pengelasan," lanjutnya 

Widodo mengatakan,  kegiatan bedah rumah dilepas oleh kepala sekolah dan Pengawas Pembina SMK Negeri 1 Bener Meriah Drs. Khairussalim dengan menerapkan konsep SMK 3 yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

"Untuk kegiatan bedah rumah tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar tiga hari, karena mulai dari membongkar rumah sampai dengan mendirikan rumah baru dengan ukuran 5 meter x 6 Meter yang nantinya diharapkan menjadi rumah layak huni,” pungkas Widodo.

Kegiatan bedah rumah warga dhuafa yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Bener Meriah mendapat apresiasi dari perangkat Desa Tingkem Asli. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut 17 Ramadan, SMKN 1 Bener Meriah Lakukan Bedah Rumah Dhuafa

Terkini

Topik Populer

Iklan