Iklan

terkini

Manajemen PT PIM: Magang Bersertifikat Merupakan Bentuk Link and Match Industri dan Perguruan Tinggi

Redaksi
Senin, April 04, 2022, 13:48 WIB Last Updated 2022-04-04T06:48:34Z
Kegiatan Pembukaan PMMB Batch I Tahun 2022 dan Penutupan PMMB Batch II Tahun 2021 PT Pupuk Iskandar Muda yang digelar secara virtual (Foto/Hamdani)

Lhokseumawe - Mewakili manajemen PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Sekretaris Perusahaan Yuanda Wattimena mengatakan bahwa magang bersertifikat atau magang industri yang diperuntukkan kepada mahasiswa merupakan bentuk link and match industri dengan perguruan tinggi.

Hal ini diungkapkan Yuanda Wattimena pada saat membuka Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I Tahun 2022 dan penutupan PMMB Batch II Tahun 2021 yang digelar secara virtual Senin, (04/04/2022).

"Program ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada mahasiswa. Melalui kegiatan ini diharapkan link and match antara industri dan perguruan tinggi. Sehingga nantinya, perguruan tinggi bisa meramu kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri," kaya Yuanda Wattimena.

Meski demikian, Yuanda Wattimena menegaskan bahwa magang bersertifikat tersebut bukanlah bentuk perekrutan karyawan baru, tapi dengan adanya program magang ini, akan menjadi rujukan perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

"Magang ini bukan proses perekrutan karyawan, tapi dengan adanya magang ini bisa menjadi rujukan buat kami bila nanti ada perekrutan," ungkap Yuanda Wattimena.

Sebelumnya PIHC PT PIM Doni Muhardiansyah mengatakan, kegiatan PMMB ini sudah dimulai sejak 2019 lalu. Jadi sampai saat ini menurut Doni, sudah ada tujuh angkatan.

"Ini merupakan hal yang membanggakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 
2019, sudah angkatan ke-7," jelas Doni.

Menurut Doni, kegiatan PMMB ini merupakan bentuk komitmen Pupuk Indonesia terhadap kemajuan generasi muda Indonesia, dengan melakukan link and match antara BUMN dengan peruguran tinggi.

"Pupuk Indonesia yang baru saja berulang tahun terus berkomitmen  unuk terus bersama membangun Indonasia, termasuk program magang ini. Dalam rangka llink and match antara  bumn dengan perguruan tinggi," ungkap Doni.

"Manfaat yang dirasakan oleh BUMN adalah, kita bisa mendapatkan telent untuk perekrutan. Banyak hal yang bermanfaat dengan ada kegiatan semacam ini. Baik buat perguruan tinggi maupun industri sendiri," lanjutnya.

Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohidi dalam paparannya mengucapakan terimakasih kepada peserta yang sudah bergabung.

"Terimakasih kepada peserta magang yang sudah bergabung, karena program ini sangat bermanfaat, karena bagi kami akan sangat mudah nantinya jika merekrut tenaga kerja, karena sudah ada database. Sedangkan perguruan tinggi juga sangat bermanfaat dengan kegiatan ini," papar Sofyan Rohidi.

"Kita terus membuka diri, bahwa BUMN dalam hal ini PT PIM adalah tempat untuk belajar dan berkarir," lanjutnya.

Sofyan Rohidi berpesan kepada mahasiswa yang ikut program magang bersertifikat ini untuk memanfaatkan peluang.

"Buat mahasiswa yang magang manfaatkan ini, sehingga nantinya bisa diimplementasikan. Karena ini bukan magang biasa, tapi ini benar-benar difungsikan layaknya karyawan. Jadi tak sekadar hadir saja ke perusahaan. Untuk itu mahasiswa harus memperhatikan nilai-nilai personal, yakni atitude," pesan Sofyan Rohidi.

Sofyan Rohidi juga memaparkan tentang tujuan magang bersertifikat itu.

"Program magang tujuannya ada tiga, yakni pertama supaya mahasiswa harus siap kerja, kedua harus siap berwirausaha dan yang ketiga siap melanjutkan. Program ini adalah program yang keren, karena kementerian juga mengapresiasi kita.
Kepada mehasiswa yang ikut magang, jaga nama baik perguruan tinggi dan nama baik PT PIM. Kita harus terus bekerjasama untuk bisa bermanfaat kepada nusa dan bangsa," pungkas Sofyan Rohidi.

Pantauan media ini, hadir dalam kegiatan virtual itu pimpinan perguruan tinggi dan yang mewakili yang mahasiswanya ikut kegiatan PMMB, dari Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Malikussaleh (Unimal) dan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL).

Dari PNL terlihat langsung dihadiri oleh direkturnya Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc, Wakil Direktur I Ir. Zamzami, ST.,M.Eng, Wakil Direktur III Ir. Sariyusda,MT, Kepala CDC Diana, SE.,M.Si. Ak dan Koordinator Humas dan Kerjasama Ir. Muhammad Hatta, S.S.T.,M.T. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Manajemen PT PIM: Magang Bersertifikat Merupakan Bentuk Link and Match Industri dan Perguruan Tinggi

Terkini

Topik Populer

Iklan