Iklan

terkini

Prodi TRJT Jurusan Teknik Elektro PNL Gelar Workshop

Redaksi
Selasa, Desember 07, 2021, 17:29 WIB Last Updated 2021-12-07T10:29:48Z
Prodi TRJT Jurusan Teknik  Elektro PNL saat mengggelar workshop dengan IDUKA (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (Prodi TRJT), Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Lhokseumawe  (PNL) Selasa, (7/12/2021) mengadakan  workshop dengan tema “Inovasi Iptek Dalam Bidang Telekomunikasi Nirkabel Program Pengembangan Sarjana Terapan Berbasis Industri”. Informasi ini disampaikan Yassir, ST.,M.Eng Sc yang merupakan ketua panitia kegiatan workshop tersebut kepada juangnews.com.

"Acara ini diselenggarakan secara daring dan luring dengan  menghadirkan pemateri dari PT. Pasifik Satelit Nusantara Sigit Jatiputro dan Agung Satria Arti juga Ahmad Faisal dari PT Telkomsel," terang Yasir yang juga Ketua Jurusan Teknik Elektro ini.

Menurut Yasir, melalui workshop yang melibatkan PT Telkomsel dan PT Pasifik Satelit Nusantara tersebur, mereka akan membahas dan menyepakati bentuk-bentuk kolaborasi pengajaran dan pembelajaran mencakup partisipasi IDUKA dalam kegiatan pelatihan, pembicara undangan, dosen dari praktisi IDUKA, kerjasama penempatan mahasiswa magang, dan dosen PS menjadi praktisi di IDUKA. 

"Kolaborasi penelitian dan pengembangan mencakup kontrak penelitian, kerjasama antara pusat penelitian, dan kerjasama penelitian, penguatan desain proses pengajaran dan pembelajaran yang melibatkan IDUKA untuk meningkatkan jumlah dosen dari praktisi industri dan dosen PS menjadi praktisi di IDUKA serta penguatan roadmap kerjasama penelitian untuk mencapai visi PS yang unggul dalam komunikasi nirkabel," ungkap Yasir.

Selain itu menurut Yasir, dengan terlaksananya workshop ini diharapkan pula pihak industri dapat memberikan masukan terhadap sistem pembelajaran yang sudah dijalankan saat ini. 

"Serta industri bisa memberikan masukan perbaikan dari segi kurikulum dan sarana serta prasarana yang dibutuhkan untuk implementasi pembelajarannya," kata Yasir.

"Penyelarasan kurikulum ini penting untuk segera dilakukan agar efektivitas dan efisiensi pendidikan dapat meningkat. Untuk mengetahui sejauh mana kesenjangan antara target kompetensi kurikulum dengan kompetensi yang dibutuhkan IDUKA," lanjut pria hitam manis ini.

Menurut Yasir, kegiatan workshop ini merupakan  salah satu dari rangkaian  kegiatan yang dibiayai dari dana hibah program  Pengembangan Sarjana Terapan Berbasis Industri (PSTBI) yang diperoleh prodi TRJT tahun ini. 

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan Wakil Direktur Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Zamzami, ST.M.Eng menyampaikan bahwa link and match antara pendidikan vokasi dan Industri dalam hal ini industri telekomunikasi nirkabel terlihat dalam hal pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri dan penerimaan magang untuk mahasiswa dan dosen. 

Zamzami menambahkan, penandatanganan MOA merupakan langkah awal kerja sama dan kolaborasi antara PT Pasifik Satelit Nusantara, PT Telkomsel dan PNL. 

"Ini adalah dalam rangka mewujudkan link and macth yang dimaksudkan. Antara lembaga pendidikan dengan IDUKA," pungkas pria yang hobby gowes ini. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Prodi TRJT Jurusan Teknik Elektro PNL Gelar Workshop

Terkini

Iklan