Iklan

terkini

Hobi Bersepeda, Bermanfaat dan Menyenangkan

Redaksi
Jumat, September 17, 2021, 11:35 WIB Last Updated 2021-09-17T15:53:22Z
Bersepeda selain menyenangkan juga bermanfaat (foto/Ist)

Bireuen - Banyak manfaat dari hobi bersepeda yang bisa dirasakan, bersepeda selain menyehatkan juga tentunya menyenangkan. Contohnya seperti terlihat di Kabupaten Bireuen, ada puluhan komunitas bersepeda kini bermunculan, trend itu terutama semakin meningkat selama terjadinya pandemi Covid-19.

Dikutip dari liputan6.com, Jumat, (17/09/2021) ternyata bersepeda memiliki banyak manfaat, selain bisa mengurangi polusi kenderaan bermotor, bersepeda juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit degeneratif yang berbahaya seperti diabetes mellitus.

Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi olahraga pilihan bagi pendlerita diabetes. Dengan bersepedal, kalori dalam bentuk karbohidrat, protein, dan lemak akan terbakar. Hasilnya kadar gula dalam darah yang berasal dari karbohidrat dapat ditekan.

Bersepeda juga dapat menurunkan berat badan. Bersepeda dengan kecepatan sekitar 16 km/jam dapat membakar 260 kalori per jamnya. Hal ini menunjukkan bahwa bersepeda efektif menurunkan berat badan. Tapi tentunya bersepeda jangan terlalu berat. Sebab lemak terbakar saat tubuh bergerak pelan secara terus menerus di atas 30 menit.

Manfaat lainnya dapat mencegah penyakit jantung dan kardiovaskuler. Jantung akan menjadi lebih kuat dengan bersepeda, sehingga dapat mengurangi terkena serangan jantung lebih dari 50 persen.

Bersepeda santai selama 45 - 60 menit setiap 3 - 6 kali sepekan bisa menjadi pilihan. Tentu harus disertai pola makan yang sehat. Jadi tunggu apalagi? Mari bersepeda. [Hamdani/liputan6.com]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hobi Bersepeda, Bermanfaat dan Menyenangkan

Terkini

Topik Populer

Iklan