Iklan

terkini

Gandeng Baitul Mal, PNL akan Pungut Zakat pada Dosen dan Tendik

Redaksi
27/08/2021, 12:17 WIB Last Updated 2021-09-13T15:23:17Z

KETUA BAITUL MAL KOTA LHOKSEUMAWE TGK. SYUIB (BAJU PUTIH) DAN DIREKTUR PNL IR. RIZAL SYAHYADI, ST.,M.ENG.SC SEDNAG MENANDATANGANI NASKAH MOU (FOTO/HAMDANI)

Lhokseumawe
– Dalam rangka menunaikan kewajiban membayar zakat di jajarannya, pimpinan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc menggandeng Badan Baitul Mal Kota Lhokseumawe untuk memungut zakat pada dosen dan tenaga kependidikan (tendik) di jajaran PNL, pada Jumat, (27/08/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Direktur tersebut diawali Sosialisasi Kemahiran Zakat untuk Staf dan Tendik tersebut merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang digagas Dr. Ahmad Fauzan, LC.,MA dan beberapa rekan dosen.

Usai sosialisasi masalah zakat, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pendirian Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di PNL dan MoA dukungan pendirian Prodi Magister Terapan Ekonomi Syariah dengan Baitul Mal Kota Lhokseumawe.

Direktur PNL Rizal Syahyadi, dalam sambutannya mengaku sangat terharu dengan kegiatan tersebut, karena merupakan programnya waktu mencalonkan diri sebagai Direktur PNL.

“Saya sangat terharu, karena salah satu program saya ketika mencalonkan jadi dari Direktur PNL, bahwa saya ingin rekening PNL beralih ke syariah, jalan itu menjadi mudah, karena ada Qanun Aceh. Kemudian, saya ingin ada badan pemungut zakat di PNL, dan hari ini Insya Allah akan segera terwujud. Satu lagi koperasi yang mengcover seluruh civitas akademika PNL,” kata pria yang biasa disapa Didi ini.

Didi menambahkan, bahwa
Masalah zakat di PNL ada potensi, walaupun nanti tentu akan ada hambatan-hambatan.

“Alhamdulillah, kita di PNL 100 persen muslim. ASN di PNL sekitar 500 orang. Potensi kita di PNL adalah bersumber dari gaji dan penghasilan lainnya,” papar Didi.

Selanjutnya Ketua Baitul Mal Kota Lhokseumawe, Tgk Syuib yang didamping anggota dan sekretaris Baitul Mal Kota Lhokseumawe mengatakan bahwa zakat profesional itu wajib dikeluarkan, hal ini berdasarkan fatwa ulama.

“Mari sama-sama kita mendukung program kebajikan ini. Harapan kita semua, semoga niat baik kita terwujud,” ujar Syuib.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut ikut dihadiri para Wadir dan Ketua Jurusan di lingkungan kerja PNL, serta staf fungsional dan tendik. [Hamdani]

Publisher: Hamdani

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gandeng Baitul Mal, PNL akan Pungut Zakat pada Dosen dan Tendik

Terkini

Iklan