Iklan

terkini

Yayasan Dayah Sabilul Ulum Santuni Anak Yatim Dari Hasil Panen Padi Setiap Tahunnya

Redaksi
Sabtu, April 06, 2024, 13:48 WIB Last Updated 2024-04-06T06:48:16Z
Kegiatan santunan anak yatim di Yayasan Dayah Sabilul Ulum Salafiah yang beralamat di Dsa Geulanggang Merak, Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang. (Foto/Robi Sinaga)

Aceh Tamiang - Yayasan Dayah Sabilul Ulum Salafiah yang beralamat di Dsa Geulanggang Merak, Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang yang dipimpin oleh Tgk. H. Muhammad Yahya Husin, S.Sos.I yang kerap disapa Abu, yang  juga Ketua NU Aceh Tamiang sudah berjalan 10 tahun ini setiap bulan Suci Ramadan menyantuni sedikitnya 400 orang anak yatim se Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu, (06/04/2024).

Kepada Media ini Tgk. H. Muhammad Yahya Husin, mengatakan bahwa, pihaknya memberikan santunan pada anak yatim di 32 desa se Kecamatan Manyak Payed sekitar 400 orang dan sudah berlangsung selama 10 tahun.

"Pada tahun pertama kami melakukan  kegiatan menyantuni anak yatim se Kecamatan Manyak Payed dengan cara  mendatangi setiap gampong secara dor tudor (dari rumah ke rumah). Namun 3-4 tahun terahir ini menyantuni anak yatim dengan mengundang dan datang ke Dayah atau komplek Yayasan Dayah Sabilul Ulum," paparnya.

Lanjutnya, menyantuni 400 anak yatim setiap bulan Ramadan dibagi empat gelombang, masing-masing , gelombang 100 orang, yakni pertama 27 Maret 2024, gelombang kedua 30 Maret 2024, gelombang ke tiga 
 4 April 2023 dan gelombang keempat atau terahir 6 April 2024. 

"Santunan yang kita diberikan berupa beras 10 kg, gula 2 kg, sirup 2 botol, minyak makan 2 liter dan uang tunai," rincinya.

"Perlu diketahui, selama menyantuni anak yatim kami tidak pernah mengumpulkan donasi dari pihal manapun, dana bantuan anak yatim ini murni dari hasil penen padi setiap tahunnya. Karena ada sekita 6 hektar tanah sawah yang sudah kami wakafkan untuk dayah," lanjut Abu lagi.

Lanjutnya lagi, menyantuni anak yatim setiap bulan Ramadan ini dilakukan selain menjalankan perintah Rasulullah, juga untuk mempererat silatuhrahmi bersama anak anak yatim Kecamatan Manyak Payed.

"Hari ini kita menyantuni anak yatim gelombang terahir dan sengaja mengundang tokoh-tokoh agama seperti Ketua MPU Aceh Tamiang, Ketua Baitul Mal dan ketua pengajian Sirul Mutahdim Tgk. Zulkifli Hasan," terangnya.

Abu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Manyak Payed bagi yang memiliki kemampuan untuk menyantuni anak-anak yatim. Mengingat di setiap rezeki yang diperoleh ada hak orang lain didalamnya.

"Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa memperbanyak menyantuni anak yatim, maka Allah akan memperbanyak keberkahan dalam hidupnya. Menyantuni anak yatim juga dapat meningkatkan iman dan ketakwaan seta melipat gandakan harta yang kita sisihkan," tutup Abu yang terkenal santun dan welas asih itu

Sementara itu, salah seorang ibu dari anak yatim mengucapkan ribuan terima kasih kepada Abu yang begitu baik dan setiap tahun membantu anak yatim.

"Semoga Abu beserta keluarga serta seluruh pengurus yayasan diberi kesehatan dan diberi umur panjang serta mudah rezeki, serta apa yang diberikan ini bisa menjdi darah daging bagi keluarga kami yang menakannya," harapnya.

Pantauan media ini, Yayasan Dayah Sabilul Ulum saat ini menyediakan tempat belajar mulai dari SMP, SMA dan SMK. [Robi Sinaga]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yayasan Dayah Sabilul Ulum Santuni Anak Yatim Dari Hasil Panen Padi Setiap Tahunnya

Terkini

Topik Populer

Iklan