Iklan

terkini

Dosen PNL Jadi Pemateri Digitalisasi UMKM yang Digagas Disperindagkop dan UKM Aceh Utara

Redaksi
Senin, Desember 04, 2023, 21:57 WIB Last Updated 2023-12-04T14:57:30Z
Ketua Jurusan Bisnis Politeknik Negeri Lhokseumawe Zulkarnaini, SE.,M.Si.Ak.CS (baju putih) saat menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan Digitalisasi UMKM yang digagas Diperindagkop dan UMKM Kabupaten Aceh Utara (Foto/Ist)

Aceh Utara - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Aceh Utara menggelar Pelatihan Digitalisasi UMKM yang diikuti oleh 70 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan dalam dua angkatan. 

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 4-6 Desember 2023 di Lhokseumawe itu menghadirkan pemateri Zulkarnaini, SE., M.Si. Ak dan Zulfikar, SE.,M.Si yang merupakan dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), dan Muhammad Nasir Praktisi PT. Optimal Literasi Global (OLG) Indonesia.

Dalam sambutannya Kadis Perindagkop dan UKM Aceh Utara Iskandar, S.STP,. M.S.P menyampaikan bahwa setiap pelaku UMKM harus ada Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mampu memanfaatkan teknologi dalam bisnis, agar produk jangkauan pasarnya lebih luas, nilai transaksi meningkat, konsumen lebih mudah bertransaksi dan ikut perkembangan zaman.

"Untuk mengakselerasi kesiapan pelaku UMKM perlu keterlibatan pemerintah dan stakeholder. Dalam hal ini, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Utara bekerja sama dengan PNL dan praktisi dari PT. OLG Indonesia, melaksanakan kegiatan ini," kata Iskandar.

Selanjuynya, Zulkarnaini dalam pemaparan materinya di hadapan peserta mengatakan, di era digital ini konsumen lebih memilih untuk membeli produk lewat online, penting bagi pelaku UMKM memiliki ketrampilan dan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital, agar produk yang dipasarkan lebih banyak dikenal orang, dan dapat meningkatkan penjualan. 

"Digitalisasi merupakan salah satu solusi mengatasi pemasaran produk, memunculkan permintaan pasar dan mendekati konsumen," kata Zulkarnaini yang merupakan Ketua Jurusan Bisnis PNL ini.

"Pelaku UMKM harus lebih banyak bergerak di digital marketing atau di market place dibandingkan secara offline," lanjut pria yang sering disapa Joel Seleb ini.

Hal senada juga diungkapkan Zulfikar, yang merupakan Kaprodi DIII Administrasi Bisnis, yang mengatakan, salah satu strategi yang dapat dilakukan UMKM adalah dengan bergabung ke dalam market place atau berjualan dan memasarkan produknya secara digital melalui platform e-commerce, bersamaan dengan membekali diri untuk peningkatan SDM di bidang manajerial, pengembangan usaha yang berdaya saing dan inovatif.

Informasi lain yang disampaikan Zulfikar pada media ini Senin, (04/11/2023) menyebutkan, bahwa dalam kesempatan itu juga diadakan penandatanganan MoA antara Disperindagkop dan UKM Aceh Utara yang diwakili Iskandar, sebagai Kadis dan di pihak PNL oleh Zulkarnaini, sebagai Ketua Jurusan Bisnis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Zulkhairi, S.H, yang merupakan Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Aceh Utara. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen PNL Jadi Pemateri Digitalisasi UMKM yang Digagas Disperindagkop dan UKM Aceh Utara

Terkini

Topik Populer

Iklan