Iklan

terkini

Dukung Keberlanjutan Wirausaha Mahasiswa, BRI Insurance Jalin Kerja Sama dengan USK

Redaksi
Jumat, November 10, 2023, 21:24 WIB Last Updated 2023-11-10T14:24:48Z
Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan bersama Direktur Bisnis BRI Insurance Handaru Sakti foto bersama usai penyerahan dana CSR di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (10/ 11/ 2023).

Banda Aceh -- Universitas Syiah Kuala (USK) dan BRI Insurance sepakat menjalin kerja sama dalam upaya mendukung semangat berwirausaha di  kalangan mahasiswa terus berlanjut meskipun sudah lulus nanti.
 
Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dengan  Direktur Bisnis BRI Insurance Handaru Sakti di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, pada Jumat, (10/11/2023).

Selain penandatanganan kerja sama, dalam kegiatan ini juga dilakukan sharing pengalaman terkait wirausaha dari beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Selanjutnya, BRI Insurance menyerahkan CSR berupa satu unit mesin air bersih siap minum untuk USK.

Dalam sambutannya, Prof. Marwan menyambut baik terjalinnya kerja sama ini, karena mampu mendorong semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa, serta sejalan dengan visi dan misi USK saat ini yaitu menjadi perguruan tinggi yang socio-technopreneur.

Prof. Marwan mengatakan, berdasarkan suvey yang dilakukan Pusat Pengembangan Karir USK pada tahun lalu menyebutkan, sekitar 7-8 persen alumni USK yang terjun ke dunia wirausaha. 

Oleh sebab itu, ia menilai kerja sama ini sangat penting untuk mendorong keberlanjutan program wirausaha yang ada di USK, agar para mahasiswa tetap berwirausaha meskipun sudah lulus dari kampus.

“Harapannya dengan kolaborasi ini, semangat wirausaha itu bisa tetap tumbuh setelah lulus. Karena banyak yang tidak lanjut, jadi perlu strategi supaya selesai pendidikan para alumni USK bisa terus mengembangkan usahanya,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Handaru juga senang atas terjalinnya kerja sama dengan USK. Pada kesempatan itu, dirinya juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk berani terjun ke dunia usaha. Ia menjelaskan beberapa hal yang patut menjadi perhatian mahasiswa jika ingin berwirausaha,  di antaranya mampu melihat dan menciptakan peluang.

Lalu,  konsisten menjalani sesuatu, memahami kebutuhan  pasar atau  konsumen, memiliki visi untuk menciptakan bisnis baru, serta  membangun dan meningkatkan daya saing. Oleh sebab itu, Handaru mengingatkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin semenjak mahasiswa, agar semangat wirausaha tetap berlanjut meskipun sudah lulus nanti.

“Jadi jangan nunggu lulus baru mempersiapkan. Ya parallel saja, maka kita harus bisa memilih waktu, sehingga ketika lulus, kita sudah siap segalanya dan siap berkompetisi,” ucapnya. [Sayed M. Husen]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dukung Keberlanjutan Wirausaha Mahasiswa, BRI Insurance Jalin Kerja Sama dengan USK

Terkini

Topik Populer

Iklan